HARI RAYA PERSEMBAHAN ( UNDHUH UNDHUH ) I 2012


IBER IBER HARI RAYA PERSEMBAHAN
Pada tanggal 13 Mei 2012 nanti, kita akan merayakan Hari Raya Unduh-unduh yang I di tahun ini dengan tema “ Banyak Memberi, Diberi Kelimpahan “ ( bdk Amsal 11 : 24 – 25 a ). Berkaitan dengan hal tersebut, beberapa hal yang perlu kita pahami dan kita persiapkan untuk menyambut perayaan ini, adalah sebagai berikut :

Hari raya Unduh-unduh atau Hari Raya Penuaian merupakan tradisi iman yang telah ada sejak zaman Perjanjian Lama, Perjanjian Baru, hingga dalam gereja masa kini. Termasuk dalam tradisi GKJW yang secara kultur Jawa dinamakan “ Sedekah Bumi “ dengan perkembangan jaman maka berubah menjadi "Riyaya Undhuh-undhuh".

Hari raya Unduh-unduh merupakan momentum khusus bagi umat untuk mewujudkan rasa syukur kepada Allah Sang Pemberi Hidup dan Sumber Kehidupan. Kita diberi kesempatan (diberikan waktu) untuk merenung, bergumul, merasakan betapa besar Kasih, Penyertaan dan Keselamatan yang telah Tuhan berikan dalam kehidupan ini. Tubuh kita, kesehatan, pekerjaan, rezeki, keluarga, suka dan duka yang silih berganti, keselamatan, serta pengharapan, adalah pemberian Tuhan yang mewarnai kehidupan kita.

Maka sudah selayakna kita menyediakan hati dan diri kita secara khusus untuk merespon Pemberian Tuhan yang luar biasa dengan perayaan rohani yang luar biasa pula, yaitu Hari raya Unduh-unduh. Tuhan mengundang kita untuk hadir dalam perayaan ini, pada Hari Minggu, 13 Mei 2012 di Gedung Pertemuan GKJW Bondowoso.

Majelis Jemaat dan panitia mengharapkan partisipasi segenap jemaat untuk mendukung kesuksesan Perayaan Unduh-unduh I/2012 dengan :
1) Mempersiapkan 'Yang Terbaik' bagi Tuhan, dengan memilah dan menyiapkan persembahan natura (barang) yang akan dilelang. Jemaat juga diberi kesempatan memberikan persembahan dana melalui amplop khusus yang akan dibagikan.
2) Hadir bersama keluarga pada ibadah Perayaan dan mengikuti acara pelelangan sampai selesai.
3) Mengikuti pelelangan secara aktif. Bagi jemaat yang selama ini belum berani mengikuti pelelangan, sangat diharapkan mencoba (belajar) mengikuti lelang dengan mekanisme yang diatur sedemikian rupa oleh panitia.
4) Memberikan dukungan lainnya, bagi kelancaran pelaksanaan perayaan dengan menghubungi panitia secara khusus. 


Perayaan Hari Raya Persembahan di GKJW Bondowoso pada 13 Mei 2012 adalah Perayaan Undhuh Undhuh yang tidak ditunggoni oleh pendeta Baku. Tetapi walaupun tidak ada pendeta Baku untuk GKJW Bondowoso perayaan dan Hari Raya Persembahan tetap Jalan. Pada perayaan hari Raya Persembahan ( Undhuh Undhuh ) I tahun 2012 Bp. Pdt. Hutomo Suryo Widodo, S.Th sebagai pendeta konsulen untuk GKJW Bondowoso mengikuti dan nunggoni sampai acara perayaan selesai. Yang luar biasanya adalah pada perayaan Hari Raya Persembahan ( Undhuh Undhuh ) berdasarkan hasil persembahan adalah yang terbesar secara finansial yaitu total sebesar Rp 82.489.000,- yang terdiri dari Rp 75.115.000,- dari hasil lelangan, termasuk lelangan khusus dan Rp 7.374.000,- dari persembahan syukur Amplop.

Berdasarkan data Jumlah warga yang mempersembahkan ( Natura ) sebanyak 86 orang dengan Jumlah barang ( Persembahan Natura )sebanyak 178 barang ( Termasuk barang yang di persembahkan kembali sebanyak 7 barang ); dan Jumlah lelangan sebanyak 79 kali lelangan umum dan 20 lelangan khusus yang dimenangkan oleh 74 orang warga jemaat.

Hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan bahwa kita patut bersyukur atas besarnya hasil persembahan warga dari perayaan hari raya persembahan ( Undhuh Undhuh ) I tahun 2012 berupa persembahan Natura; tetapi yang paling penting adalah bagaimana warga jemaat dapat ikut merasakan dan memeriahkan perayaan hari Raya Persembahan.

Pada kesempatan ini majelis jemaat GKJW Bondowoso mengucapkan terima kasih atas persembahan terbaiknya kepada Tuhan melalui kegiatan Hari Raya Persembahan ( Undhuh Undhuh ) I tahun 2012. 
Tuhan Yesus Kristus senantiasa memberkati kita sekalian.

Posting Komentar

0 Komentar