PELAYANAN SIDI GKJW BONDOWOSO 2012


Pada hari Minggu, 20 Mei 2012 ( dalam Ibadah minggu Sore ) Majelis Jemaat melaksanakan pelayanan Sidi kepada anak anak Jemaat. Adapun yang telah bersedia mengaku percaya dihadapan Tuhan adalah 

  1. Aprilia Magdalena
  2. Julian Grazius
  3. Stepanus Metra Pratama
  4. Ghora Vira Kusuma Wardhani T
  5. Silvia Yosephin Kristianti
  6. Rio Widha Paulana
  7. Daniel Febri Kurniawan
  8. Yaniar Dwi Puspitasari
  9. Endicha Sapta Aditia
  10. Aprilino


10 orang anak tersebut telah mengikuti pembinaan dalam Katekisasi selama 1 tahun lebih tentang keimanan Kristiani berdasarkan Iman di GKJW termasuk didalamnya mengenai Mengaku percaya secara pribadi, aliran aliran Kristiani dan tata Pranata GKJW. Sampai akhirnya anak anak itu secara pribadi berani mengaku percaya di hadapan Tuhan yang disaksikan oleh warga jemaat.

Sidi adalah tahap pendewasaan iman bagi warga GKJW, dengan mengikuti Sidi maka yang bersangkutan dengan berani mengaku percaya dan beriman kepada Yesus Kristus. Pada tahap ini tugas orang tua telah selesai karena dengan berani mengaku Percaya dalam peristiwa Sidi maka orang tua sudah menyelesaikan tugas pembinaan dan pendidikan iman. Putra putri GKJW yang telah mengikuti Sidi telah dewasa sehingga sejak peristiwa Sidi maka yang bersangkutan bukan lagi tanggung jawab orang tua tetapi tanggung jawab pribadi masing masing. ( Masa anak anak sudah berlalu, semasa anak anak maka mereka menjadi tanggung jawab orang tua, tetapi dengan peristiwa sidi mereka sudah dapat menanggung dirinya sendiri ).
Kalau boleh sedikit membandingkan bahwa pelayanan Sidi ini sebenarnya mirip sekali dengan peristiwa Baptis dari gereja gereja pentakosta. Mengapa ini kami sampaikan karena sering sekali kami mendengar dan menyaksikan kesaksian dari rekan rekan pemuda GKJW yang memperoleh informasi yang kurang tepat dari gereja gereja pentakosta yang mengatakan bahwa baptis di GKJW tidak sah karena peristiwa Baptis dilakukan saat masih bayi. Dimana bayi yang dibaptis tidak tahu apa apa.
Sekedar informasi saja kepada semua pihak bahwa gereja gereja anggota PGI ( aliran utama ) terkhusus GKJW melaksanakan sakramen Khusus yaitu Baptis - Sidi. 
Baptis di GKJW bukan semata menyatakan percaya kepada Yesus Kristus seperti yang dilakukan oleh gereja gerja pentakosta tetapi sakramen penyerahan putra putri kepada Tuhan oleh para orang tua atau wali. Itu sebabnya dalam sakramen baptis harus orang tua atau wali yang menyerahkan. Sedangkan Sakramen Sidi adalah sakramen pengakuan percaya kepada Yesus adalah Kristus. Biasanya peristiwa Sakreamen Sidi adalah tanda bagi warga jemaat yang sudah benar benar siap mengaku percaya ( Pendewasaan Iman ). Peristiwa pengakuan iman dan percaya ini dilaksanakan di Gereja di saksikan oleh warga jemaat yang hadir. Dan dalam salah satu janji dari warga jemaat yang hadir untuk mengingatkan pelaksana sidi jika suatu hari melupakan atau bahkan menjauh dari iman percayanya.

Peristiwa Sidi adalah peristiwa pengakuan percaya dan imannya kepada Yesus Kristus sebagai juruslamat hidup dan kehidupan warga jemaat terkhusus kepada pelaksana Sakramen Sidi. Mudah mudahan sengan sedikit uraian diatas dapat memberikan pengertian kepada semua pihak. dan jika masih belum jelas silahkan berkonsultasi dengan para pendeta GKJW. Oce Bro ......

Pada kesempatan ini Majelis Jemaat GKJW Bondowoso mengucapkan selamat kepada mereka mereka yang telah berani mengaku percaya kepada Yesus Kristus melalui peristiwa Sakramen Sidi tahun 2012. Tuhan senantiasa memberkati.

Informasi lebih lanjut dan foto foto dapat anda lihat di Situs GKW Bondowoso di www.gkjwbondowoso.co.cc

Posting Komentar

0 Komentar