MEMPERINGATI HUT KE XII POSYANDU LANSIA " BAGAS SARAS " GKJW BONDOWOSO

MEMPERINGATI HUT KE XII 


POSYANDU LANSIA " BAGAS SARAS " GKJW BONDOWOSO




Pada hari minggu, 11 Maret 2012 dalam rangka HUT ke-12 Posyandu Lansia " Bagas Saras ", majelis Jemaat GKJW Bondowoso C/q Komisi Pembinaan Pelayanan dan Cinta Kasih ( KPPCK ) melaksanakan kegiatan Bakti Sosial di Panti Sosial Krisna Werda Margo Mulyo - Kasiyan Jember. Bakti sosial dilaksanakan dengan melakukan perkunjungan dan silaturahmi di panti Sosial Krisna Werda Margo Mulyo - Kasiyan. Kegiatan ini dibimbing dengan tema : Sampai Masa Tuaku Dan Memutih Rambutku, Ya Allah Janganlah Meninggalkan Aku ( Mazmur 71 : 18 ).
Setelah melakukan perkunjungan dan silaturahmi rencananya rombongan akan melanjutkan Ibadah Padang di Papuma - Watu Ulo - Jember yang berjarak sekitar 15-20 Km kari Panti Sosial Krisna Werda.
Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 52 orang dengan usia tertua adalah 84 tahun yaitu Mbah Mintardjo.
Kegiatan kegiatan yang kami lakukan adalah :
1. Rombongan berkumpul di konsisturi untuk doa pemberangkatan oleh Bp. Wagirin Yusak. Serta pembagian tugas untuk pelaksanaan di Panti. Sekitar pulul 09.15 WIB rombongan berangkat bersama sama dari Bondowoso.

2. Sekitar pukul 11.00 WIB rombongan tiba di Panti Sosial Krisna Werda Margo Mulyo Kasiyan – Jember. Rombongan berkumpul di kantor panti sosial dan berdialog sekaligus mohon ijin serta menyampaikan maksud dan tujuan rombongan berkunjung ke panti sosial Krisna Werda Margo Mulyo Kasiyan - Jember.

3. Peserta membagikan tali asih kepada saudara saudara kita yang tinggal di Panti Sosial Krisna Werda Margo Mulyo Kasiyan. Tali asih dibagikan kepada koordinator kelompok untuk tiap tiap kelompok. Setiap kelompok kemudian membagi bagi tali asih kepada seluruh penghuni Panti sebanyak 140 orang. Peserta dengan penghuni Panti saling berkomunikasi ( tanya jawab ) sambil membagikan bingkisan.

Yang sangat menyentuh adalah para lansia yang tinggal diruangan perawatan khusus; sebanyak 17 orang lansia sudah tidak bisa melakukan apa apa lagi; segalanya tergantung kepada perawat / penjaga panti. 17 orang lansia yang ada di ruangan khusus sungguh sungguh menderita karena keadaan diri mereka yang sudah tidak bisa berbuat apa apa. ( Sudah menjadi “ kembang amben “ )
Mbah mbah seperti gambar diatas adalah mereka yang berada di ruang perawatan khusus. Lantai yang selalu basah karena mbah mbah ini tidak bisa berbuat apa apa lagi, makan hingga buang air kecil hingga besar ya di tempat tidur. Bagi kami yang salut kepada para perawat mbah mbah ini, mereka begitu tegar menghadapi mbah mbah yang sudah renta dan terkadang tingkah lakunya menjengkelkan, tetapi para perawat di panti Krisna Werda begitu kuat. Menurut pengakuan para perawat bahwa mbah mbah tersebut seperti merawat balita.
Peserta berada di panti selama sekitar 1 jam.
4. Tepat pukul 12.00 WIB rombongan menuju ke PAPUMA Watu Ulo untuk melaksanakan ibadah padang

5. Rombongan tiba di PAPUMA Watu Ulo sekitar pukul 13.00 WIB. Setia di lokasi peserta dan panitia bersama sama makan diwaktu siang hari. Makan perbekalan yang dibawa dari rumah masing masing. Untuk doa makan dilayani oleh Ibu Pnt. Silu Putu Sinarhati.

6. Sekitar pukul 14.00 WIB kebaktian dimulai ; Sebelumnya didahului oleh pembukaan oleh wakil PHMJ “ Bp. Pnt. Christian U.M dan dilanjutkan dengan Ibadah dengan pembawa firman Bp. Pnt. Soewardi Harijanto.

7. Setelah Ibadah dilanjutkan dengan permainan dan pembagian door price berupa payung dan anduk serta makanan ringan. Payung adalah persembahan dari Ibu Bertha Christian

8. Selesai Ibadah dilanjutkan berbenah / Ringkes Ringkes dan dilanjutkan dengan menikmati pemandangan Watu Ulo dengan menyusuri sepanjang pantai PAPUMA Watu Ulo, dengan berjalan kaki sekitar 1,5 Km. Hingga kegiatan selesai peserta tidak ada yang mengeluh karena sakit ini karena berkat perlindungan serta penyertaan Tuhan semata. Mengingat ada beberapa peserta yang sudah berusia lanjut seperti ibu Mintardjo yang sudah berusia 84 tahun tetap dalam perlindungan Tuhan. Ini karena memang juga untuk rekreasi.

Mbah Mintardjo dan Ibu Luis
Mbah Mintardjo pada tahun 2012 ini berusia 84 tahun . Sebuah berkat yang luar biasa dari Tuhan Allah.

9. Sekitar pukul 16.15 WIB perserta ( rombongan ) menuju ke Bondowoso; selama perjalanan pulang peserta juga tidak mengalami kurang apapun segalanya atas berkat dan perlindungan Tuhan.
Berdasarkan cerita dari seorang perawat panti Sosial Krisna Werda Margo Mulyo - Kasiyan Jember adalah sebuap panti sosial milik pemerintah Propinsi Jawa Timur yang berbentuk UPT Pelayanan Sosial Lanjut Usia. Setiap bulan panti ini telah menerima dana dari APBN untuk kebutuhan kebutuhan para lansia. Dengan jumlah para lansia sebanyak 140 orang yang usia minimal adalah 60 tahun sesuai dengan prosedur pelayanan seperti yang terpampang di kantor panti.

Info lebih lanjut silahkan membuka website GKJW Bondowoso di www.gkjwbondowoso.co.cc ......

Posting Komentar

0 Komentar