Belajar Menjelajah isi Alkitab jilid 3

BELAJAR
MENJELAJAH ISI ALKITAB 

Oleh Pdt. Muryo Djajadi


IV. MEMPELAJARI ALKITAB PERJANJIAN BARU

            Rentang waktu antara perjanjian Lama dan Perjanjian Baru adalah sekitar 400 tahun . selama itu bangsa Israel yang dibangun kembali bangsa Israel berada dibawah pemerintahan Persia, Yunani dan Romawi. Sampai pada Kelahiran Yesus Israel merupakan sebuah Negara Jajahan . Sebagai bagian dari kekaisaran Roma yang kuat, dimana-mana ada tentara pendudukan pada masa itu. Yang diangkat menjadi raja adalah Herodes. Ia sangat ditakuti dan dibenci oleh Rakyat. Dalam keadaan seperti itu , orang-orang melihat kembali ke perjanjian lama. Disana mereka menemukan Nubuat akan kedatangan Sang Mesias, yang akan membebaskan bangsa Israel. Mereka berharap akan terjadi pada saat itu juga, dikala mereka sedang dalam penjajahan. Keadaan yang seperti itulah Ketika Yesus datang ke dunia.
Alkitab Perjanjian Baru dibagi menjadi beberapa bagian, Bagian Pertama adalah Injil ( Mateus, Markus, Lukas, Yohanes) Bagian Kedua Cerita Para Rasul ( Kisah Rasul ) Bagian Ketiga Surat-surat surat Umum dan surat khusus . Surat umum ditujukan kepada Jemaat dan surat khusus ditujukan kepada perorangan atau surat Penggembalaan ( Pastoral ) Bagian keempat adalah pertumbuhan Gereja.

1. Memahami kitab Injil , Yaitu Mateus,Markus,Lukas,Yohanes. Para penulis Injil melihat kehidupan Yesus dari sudut pandang masing-masing. Contoh Injil Lukas dan Kisah Rasul menyatakan, tujuan penulisan adalah untuk melihat semua kisah dan catatan mengenai Yesus secara saksama. (Lukas1:1- 4 ) Dia mewawancarai orang yang mengenal Yesus secara Pribadi dan kemudian mencatat dengan teliti apa-apa yang dikatakan dan dilakukan oleh Yesus. Lukas dapat bekerja secara sistematis; dia adalah seorang dokter yang terlatih dan salah seorang pemimpin jemaat pada masa Perjanjian Baru. Kalau anda membaca injil yang ditulis Lukas , kita dapat melihat Yesus dalam pandangan seorang yang sejarahawan, seorang yang disamping ingin mencatat fakta-fakta , juga membantu orang untuk percaya kepada Yesus. Satu hal yang penting yang perlu dipertanyakan dalam setiap pembacaan injil adalah :
Pengajaran apa atau teladan apa yang diberikan oleh Yesus ? Banyak pengajaran Yesus yang menggunakan perumpamaan dan mujizat, perkataan perbuatan dan Tanya jawab untuk menyampaikan pemberitaan. Kitab Injil secara ringkas dibagi menjadi bagian-bagian

Bagian 1 : Kelahiran Yesus 
Yesus Lahir di Betlehem tapi dibesarkan di desa bagian utara Pelestina yang bernama Nazaret, didekat danau Galelea. Sangat sedikit menceritakan masa kanak-kanak Yesus.
Bagian 2 : Yesus Terjun ke Masyarakat
Karya Yesus diawali dengan Dia datang ke Yohanes untuk menerima Babtis. Peristiwa pembabtisan Roh Kudus turun atasNya, sebagai tanda bahwa Ia dipersiapkan untuk melakukan tugasNya, sesudah memulai percobaan berat, ( Lukas 4 : 1-13 ) Yesus memulai mengajar, menyembuhkan, mengusir setan, banyak orang terpesona melihat pekerjaan Yesus ( Mat 7 : 28-29 ) Yesus tidak berbicara tentang dirinya sendiri sebagai Juru selamat secara terbuka, tetapi para pengikutnya yang terdekat tahu siapa Dia. Satu hal yang tidak dimengerti oleh murid-muridnya adalah Yesus mengatakan bahwa dia bukan pemimpin Militer maupun Politik dan juga tetang bagaimnana ia akan mati. ( Mat 16 : 4- 28 )
Bagian 3 : Kematian Yesus 
Yesus ditangkap oleh pemmimpin Agama Yahudi karma tidak senang dengan ajaran dan kepopuleran Yesus. Kejadian itu menjebabkan hatinya para murid hancur dan hilang harapan. Yesus dipaksa menghadap pengadilan yang tidak adil dan diserahkan kepada orangh Roma untuk disalibkan. Gubernur Roma yakin bahwa Yesus tidak bersalah tapi dia mengijinkan juga hukuman itu. Yesus mati dan dikuburkan pada hari Jumat.
Bagian 4 : Bangkit kembali 
Pada Hari Minggu Murid-murid melihat Yesus telah bangkit kembali dan melihat kubur kubur kosong Luka 24 : 1 – 53 ) para murid melihat dia beberapa kali dalam waktu empat puluh hari berikutnya. Mereka berangsur-angsur menyadari bahwa kematian adalah bagian dari rencana Yesus. Sekarang dia sudah membuktikan bahwa kematian bukan sesuatu yang akhir . Mereka harus meyampaikan peristiwa itu kepada seluruh dunia.
Bagian 5 : Kedatangan Roh kudus 
Enam Minggu setelah kebangkitan Yesus Roh kudus turun dan menguasai para rasul. Kis 2 : 1-13. pada hari itu untuk pertama kali mengajarkan tentang kepercayaan mereka kepada Yesus didepan umum. Ada 3000 orang yang menjadi percaya dan mengikut persekutuan yang baru ini. Gereja tumbuh pesat di Yerusalem. Ada beberapa Imam menjadi percaya. Orang-orang percaya saling membagi harta dan uang mereka. Hal ini menjadi para penguasa Agama Yahudi sangat khawatir . Mereka kemudian melakukan penganiayaan terhadap para pengikut ajaran baru ini. Orang-orang Kristen terpaksa melarikan diri ke Yerusalem dan tersebar kemana-mana. Justru oleh kejadian itu Agama Kristen lebih tersebar dan semakin berkembang. Kelompok-kelompok orang kristen bermunculan dimana-mana, bahkan orang yang bukan Yahudi masuk Kristen.

2. Memahami Surat-surat 
Pemimpin Agama Yahudi di Yerusalem mengirim Saulus salah seorang pemuda yang terbaik, untuk mengatasi pergolakan yang disebabkan oleh sekelompok orang Kristen di damsyik. Dengan suatu keajaiban malah menjadi Kristen. Kis 9 : 1 – 32 . Paulus mengadakan 3 perjalanan penginjilan untuk membangun gereja-gereja di negeri yang baru. Walaupun mengalami kapal yang karam, dilempari batu, dianiaya, kelaparan dan dipenjarakan dia berjalan terus dengan tabah sampai terbentuknya jemaat-jemaat Kristen di hampir semua kota-kota utama propensi Romawi. Banyak surat-surat Paulus dari perjanjian baru yang ditulis untuk jemaat yang baru. Ada dua puluh satu surat dalam Perjanjian Baru . beberapa diantaranya ditulis untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan khusus contoh; surat 2 Tesalonika yang ditulis untuk menolong orang-orang Kristen di Tesalonika, untuk memahami arti kedatangan Kristus yang kedua kali. 1 Korintus ditulis untuk menolong orang-orang Kristen di Korintus memahami cara menggunakan karunia Roh.Surat-surat lain ditulis untuk teman-teman pribadi. Surat Filipi misalnya, ditulis pada waktu Paulus dalam penjara. Surat ini berisi ucapan terima kasih kepada orang filipi atas pemberian yang mereka kirim kepada Paulus. Agaknya surat itu dibaca dan didiskusiakan dalam pertemuan-pertemuan jemaat dahulu. Kita yakin surat itu akan mengundang perdebatandan diskusi yang menarik berjam-jam, sementara mereka berusaha mengerti isinya.
3. Memahami Kitab Wahyu.
Gereja semakin hari semakin bertumbuh, berbagai kesulitan dating menghadang, bahkan muncul pula berbagai penganiayaa yang kejam. Kitab Wahyu yangterakhir dalam perjanjian baru. Isinya mengharapkan kedatangan Kristus yang kedua kali . Kitab ini ditulis untuk menguatkan Iman Kristen yang tertindas . dalam waktu tiga abad, Agama Kristen muncul sebagai agama yang sangat berpengaruh diwilayah kerajaan Romawi . Sekarang ini Agama Kristen merupakan Agama terbesar didunia. Ibarat sungai yang deras yang sudah dimulai oleh Yesus terus mengalir dan tidak dapat dihentikan.
Kitab Wahyu dapat dikatakan kitab yang unik . Corak penulisanya dikenal sebagai gaya apokaliptik ( Wahyu ) . Kitab ini ditulis pada saat orang Kristen sedang mengalami penganiayaan karma kepercayaan pada Kristus. Penulis ingin memberikan penghiburan dan kekuatan . Sebagian besar dari kitab ini ditulis dengan bahasa lambang yang hanya dapat dimengerti oleh orang-orang Kristen tetapi sulit dimengerti oleh orang diluar Kristen . Berita utama dalam kitab Wahyu adalah ; Melalui Kristus Allah akan mengalahkan semua musuhnya, termasuk iblis. Melalui kitab wahyu kita dapat menemukan apa yang dikehendaki oleh Allah agar dilakukan oleh orang-orang Kristen pada waktu penganiayaan. Dan bagaimana Allah menggabarkan kekuasaanya. 

Posting Komentar

0 Komentar