Mempelajari Isi Alkitab Jilid 2

BELAJAR
MENJELAJAH ISI ALKITAB 

Oleh Pdt. Muryo Djajadi



KitabPerjanjian lama awalnya ditulis dalam bahasa asli Ibrani, tetapi setelah orang Yahudi diusir dari tanah Palestina hidupnya terpencar, mereka kehilangan bahasa aslinya dan mulai berbicara dalam bahasa Yunani pada waktu itu menjadi bahasa internasional. Terjemahan ini diseleseikan sekitar tahun 250 – 125 SM disebut Septuaginta. Yaitu kata latin yang berarti LXX ( 70 ) karena diterjemahkan oleh 70 orang ahli kitab. Alkitab perjanjian lama terbagi menjadi 3 petak besar yaitu 1. Petak sejarah, 2. Petak Puisi, 3. Nabi-nabi.

1. Pentateukh 
a. Kejadian
Kitab Kejadian ditaruh diawal karna memuat tetntang kisah penciptaan dan hal-ikhwal semula umat manusia . Kitab Kejadian terbagi menjadi 2 bagian besar, bagian pertama Bab 1 – 11 bercerita tentang umat manusia dari awal sampai tampilnya nenek moyang Israel yaitu Abraham Bagian kedua Bab 12 – 50 Bercerita mengenai nenek moyang bangsa Israel Abraham,Ishak,Yakub serta ke dua belas anaknya, sampai mereka pindah dan menetap di Mesir.

b. Keluaran.
Kitab Keluaran dalam bahasa Yunani lebih tepat disebut (Exodus ) sebab kejadian utama yang diceritakan dalam kitab ini jusrtru keluaran ( Pelarian/ Pengungsian ) umat Israel dari negeri Mesir . Kitab keluaran dipahami sebagai tindakan Tuhan, sebab dengan tindakan Allah mendasarkan bangsa Israel sebagai umat pilihan Allah. Pemilihan Pemimpin ( Musa ) Melarikan diri dari Mesir dan mengembara. Dipadang gurun. Dalam perjalanan ada ikatan Perjanjian Allah dengan Manusia. Inti perjanjian itu adalah Allah menjadi Allah orang Israel dan orang Israel menjadi umat pilihan. Buku perjanjian berupa sepuluh hukum ( Decalog )

c. Imamat
Kitab Imamat dalam bahasa Yunani disebut LEVITICUS memuat mengenai para Imam umat Israel tugas dan kewajiban. Kaum Lewi. Kitab Imamat juga dapat disebut kitab Hukum, Bagaimana menyerahkan korban, Pentabisan Imam, memuat tentang pentahbisan Imam, Haram-hahal : Najis - tahir. Bagaimana hidup kudus, waktu yang kudus, berkat dan kutuk.

d. Bilangan 
Ddisebut Bilangan karna memuat tentang angka-angka, jumah dan daftar, semacan buku statistik. Kitab Bilangan adalah kitab yang paling tidak karuan dari semua kitab pentateukh. Macam –macam bahan dicampuradukan tidak beruntun. Kitab Bilangan nampaknya semacam wadah menampung bahan-bahan yang oleh penyusun pentateukh tidak dapat ditempatkan dalam kitab Kejadian, Keluaran. Atau Imamat

e. Ulangan 
Kitab Ulangan tidak melanjutkan kisah yang tercantum dari keempat dari Pentateukh. Sebaliknya kitab ulangan mengulang banyak bahan baik yang berupa cerita maupun berupa hukum, yang termaktub dalam kitab-kitab lain. Namun tidak menyalin dari kitab lain, ada perbedaan menyolok. Oleh karna kitab ini mngulang , kususnya Hukum, maka dinamakan Ulangan.


KITAB SEJARAH
2. Yosua 
Disebut kitab Yosua karna dialah tokoh utama . kitab Yosua melanjutkan kisah pentateukh . Yosua diangkat menjadi pengganti Musa . melalui kepemimpinan Yosua Isrel memasuki dan merebut tanah pelestina. Kitab Yosua dibagi menjadi dua bagian bagian yang pertama Bab 1 – 12 mengenai perebutan Negeri Palestina. Bagian Kedua Bab 14 – 24 mengenai pembagian negeri kepada suku-suku Israel. Ini melaksanakan perintah Musa yang tercantum dalam kitab Ulangan dan Bilangan .
3. Hakim-hakim

Kitab kedua dalam rangkain sejarah. Kata “Hakim” menterjemahkan kata Ibranio “ Sofetim “ ( Tokoh-tokoh pemimpin militer dan sipil ) Hakim-hakim yang tampil dalam kitab ini serupa sedikit dengan kepala suku atau kepala kampung tetapi juga bertindak memutuskan perkara. Jabatan hakim-hakim tidak perlu tetap, dapat juga sementara. Ada hakim-hakim besar dan kecil. Hakim-hakim besar antara laian : Otniel Ehud, Debora, Barak, Gideon, Jefta dan Simson. Yang kecil : Samgar, Tola, Yair, Ebzan, Elon dan Abdon. Perbedaan besar kecil, Yang besar diceritakan lebih terperinci, yang kecil diceritakan lebih singkat.

4. Rut
Kitab yang amat kecil merupakan semacam tambahan dari kitab Hakim-hakim dan berisikan suatu cerita pendek mengenai seorang perempuan asal Moabyang bernama Rut kemudian kawin dengan orang Betlehem bernama Boas, kemudian dari keturunan inilah menjadi nenek moyang Raja Daut sampai pada Yesus Kristua.

5. Samuel
Samuel menceritakan bagaimana suku-suku Isrel menjadi satu kerajaan yang diperintah oleh Raja Daud. Dan Saul kedua tokoh tersebut sangat menonjol disbanding Samuel. Kedua tokoh yang mendominasi cerita dalam Kitab Samuel merupakan gambaran Kontras dari tokoh Samuel Tokoh yang pada awalnya berperan adalah Samuel . Penggambaran kondisi buruk Israel Dalam keadaan burukitulah tampil tokoh Samuel . Dia tokoh peralihan dari zaman Hakim-hakim ke zaman Kerajaan.

6. Raja-raja
Kitab yang terbagi menjadi 2 bagian ini mengisahkan hal ihwal kerajaan Umat Isrel . Bagaimana kerjaan itu terpecah menjadi 2, lalu masing-masing kerajaan binasa dan hancur. Dahulu kitab ini tergabung dengan kitab Samuel , sebab kisah dalam Raja-raja meneruskan cerita kitab Samuel.

7. Tawarikh
Kitab yang menceritakan kembali seluruh sejarah umat Israel dari awal hingga masa pembuangan . hanya sejarah yang sama kadang-kadang diringkaskan, lain kali ditambahkan cerita-ceritayang tuidak terdapat dalam kitab-kitab lain.

8. Esra Nehemia
Kedua kitab ini asalnya hanya satu . melanjutkan kisah tawarikh. Isi cerita bagaimana umat Isarel kembali dari pembuangan di Babil dibangun kembali. Tokoh-tokoh yang paling berperan dalam pembaruan tersebut adalah Esra dan Nehemia. Sekalipun Tawarikh, Esra Nehemia hanya satu karya, namun nada cerita Esra, Nehemia cukup berbeda. Kitab Tawarikh meninjau kembali masa lampau. Kitab Esra, Nhemia mengenai kenyataan . Namun masa depan bagi penulis tidak menentu.

9. Ester 
Kitab ini memuat kisah seorang perempuan Israel yang bernama Ester . Dinegeri Persia Perempuan itu menjadi istri Raja Ahasweroa, lalu berhasil menyelamatkan bangsanya yang mau ditumpas . Orang Israel membalas dengan membunuh semua musuhnya. Dalm Kitas Ester tidak menyebut nama Allah atau Tuhan sama sekali. 


KITAB- KITAB PUISI 
10. Ayub 
Kitab ini merupakan karya sastra yang bermutu. Berupa dialog, membicarakan tentang penderitaan orang yang tidak bersalah . Ada lima teman bicaranya. Tokoh utama bernama Ayub, lalu tiga sahabatnya Elifas, Bildad dan Zofar, kemudian tokoh yang bernama Elihud turun tangan dan akhirnya Allah sendiri yang tampak di panggung Cerita itu.

11. Mazmur
Kitab ini merupakan sebuah kumpulan lagu-lagu keagamaan umat Israel berjumlah 150. kumpulan lagu-lagu itu sedikit serupa dengan kumpulan lagu-lagu gereja seperti Mazmur,Rohani,Kidung Jemaat, Kidung Pasamuan hanya tidak ada notnya. Penghimpunan ini dilakukan bertahun-tahun . Orang sering menyebut mazmur Daud. Bukan berarti pengarang Daud, hanya Daud adalah seorang pesajak dan juga menciptakan lagu- lagu keagamaan , tapi juga ada yang benar-benar ciptaan Daud ada yang lain seperti Bani korah, bani asaf . Disamping lagu-lagu juga ada doa Umat dan sembahyang umat Kristen .

12. Amsal
Bagian besar isi kitab ini merupakan sekumpulan “ Kata Mutiara “ peribahasa, pepatah, petuah pendek, ini berasal dari kalangan para bijaksana di Israel. Tetapi juga ada wejangan dan sajak yang panjang. Mula-mula hikmat kebijaksanaan merupakan “ seni hidup. “ . seni hidup itu dibungkus dalam rasa keagamaan yang mendalam. Bukan membanggakan kesalehan dan ketakwaan. Namun diresapi kepercayaan kepada Tuhan. Tuhan adalah sumber hikmat yang sejati.

13. Pengkhotbah
Pengkotbah adalah terjemahan Yunani Qohelet. Artinya orang yang memegang jabatan untuk mengumpulkan, mengetahui dan mengajar jemaat. Isinya berupa renungan tentang nasib malang manusia didunia, diselingi berbagai pepatah peribahasa. Cocok disebut kitab untuk yang lanjut usia. Yang baik menjadi bahagia, yang jahat tertimpa celaka dan mencoba segala sesuatunya, tetapi akhirnya semuanya mengecewakan. Segala sesuatu adalah sia-sia dan usaha menjaring dan menangkap angin belaka. Mencoba menikmati kehidupan dengan sebaik-baiknya tetapi jangan harap terlalu banyak, nanti menjadi kecewa.

14. Kidung Agung 
Orang non Kristen pernah bilang bahwa kitabnya orang Kristen itu jelek karna ditemukan ada pornografi. Kita mengakui kitab kidung agun cukup erotik juga. Sering kitab itu dipertalikan dengan Salomo raja yang berhitmat yang hebat nafsu birahinya juga, punya istri 1.000. Tetapi bukan itu. Erotik tidak sama dengan pornografi. Pornografi adalah seks tanpa cinta, sedangkan kidung agung meluhurkan cintaantar jenis kelamin. Dengan bahasa cinta kidung agung memuji kecantikan seorang wanita dan ketampanan laki-laki. Lagu –lagu yang terkumpul berasal dari pesta perkawinan, sampai sekarang masih dinyanyikan dalam pesta.
Tradisi Kristen menghubungkan mengetrapkan Kidung Agung pada hubungan Allah dengan manusia . Kristus dengan GerejaNya.


KITAB NABI - NABI BESAR
         Kitab para nabi memiliki corak yang khusus dan agak sukar dipahami. Namun justru kitab para nabi dianggap sangat penting. Menurut kisah injil Yesus sendiri gemar akan kitab nabi-nabi. Kata nabi sebuah kata Arab artinya orang percaya yang secara khusu dipanggil Tuhan untuk menyampaikan firmanNya. Kata nabi dapat dibuat menjadi kata kerja artinya bernubuat atau menubuatkan . Seorang nabi mempunyai hubungan khusus dengan sang Ilahi. Nabi kerap dianggap mendapat wahyu artinya mereka diberitahu tentang hal-hal yang tidak diketahui orang lain. Banyak nabi-nabi , Hanya nabi-nabi Israel yang mempunyai hubungan khusus dengan Allah , tidak semua nabi sama, namun ada kesamaan dasariah yaitu mempunyai hubungan khusus dengan Allah. Sejak zaman hakim-hakim nampak gejala aneh tampilah kelompok “orang rohani “ seolah-olah keraksukan Ilahi. Lalu ada gejala Ekstase ( 1 Samuel 10 : 10 , 19 : 20-24 ) mereka berperan sebagai pembela agama yang murni yang bersih dari campuran agama kafir. Kemudian pada saat yang sama tampilah nabi-nabi palsu. Nabi-nabi Baal
Seorang nabi diberi tugas khusus untuk menghibur dan menguatkan umat, memberi petunjuk jalan bagaimana percaya. Yang dapat dihayati dan diamalkan.

15. Yesaya
Kitab Nabi Yesaya dibagi menjadi tiga bagian bagian pertama bab 1– 39 Pesanya berisi pengalaman pribadi atas panggilan dari Tuhan atas diri Yesaya ia merasa betapa sangat Kudus Allah Israel. Secara mendalam menyadari betapa beda Allah denan ciptaan termasuk manusia. Kedalaman itulah menumbuhkan akan kesadaran kedosaan , kefanaan dan kerapuhan manusia . ALLAH yang kudus itu tetap menyertai manusia yang berdosa.
Bagian kedua Bab 40 -55 peasanya.: Tuhan yang kudus tidak hanya menyertai tetapi jua membebaskan umatnya dari pembuangan. Umat Allah yang berdosa tentu mendapat hukuman tetapi mereka boleh berharap mereka pasti ditolong dan dibebaskan mereka harus mengandalkan Tuhan . pesan tersebut dikemas dalam pokok pikiran yang baru dalam nyanyian –nyanyian hamba Tuhan . Hamba Tuhan yang mewartakan keselamatan itu menderita bahkan mati terbunuh . Tetapi oleh Tuhan dimuliakan dan dipulihkan. Penderitaan itu sebagai ganti orang berdosa. Itulah makna dan arti penderitaan orang benar. Nyanyian-nyanyian itu dipahami sebagai nubuat penyelamatan Allah. Rencana itu terpenuhi dalam Yesus Kristus serta umatNya.
Bagian ke tiga Bab 56 – 66 Pesannya : Bukan manusia yang menentukan kapan dan bagaimana rencana penyelamatan Allah dilaksanakan. Rencana Penyelamatan Allah belum selesei dan keselamatan Allah direncanakan lain dari yang dipikirkan manusia. Pengharapan itulah merupakan daya mengerakan umat Allah dalam kepercayaan berpegang teguh pada Allah.

16. Yeremia
Yeremia tampil dalam panggung sejarah seratus tahun setelah Yesaya. Ia berkarya selama 40 tahun Situasi politik menggejolak dimasa itu sangat membutuhkan firman Tuhan . Kemrosotan Agama dan aklak sangat mengejala yang dimajukan oleh raja Manasye dan Amon. Pesanya : Nubuat-nubuat yang berupa ancaman dan janji, nabi Yeremia menyampaikan pesan dasariah yang keluar dari kelembutan hati. Pengalaman pahit mematangkan paham nabi tentang Allah dan umatnya. Memuja dewa di istilahkan Perzinahan Rohani. Mengkritik pemujaan bait Allah serta Ibadahnya. Ibadah bukan hanya secara formal tetapi agama yang sejati menyangkut seuruh manusia yang keluar dari hati. Pengalaman pahit ia menjadi putus asa dan tidak melihat kemungkinan manusia mendapat keselamatan.( Yer 14 : 10 ) Berdosa seolah-olah telah mendarah daging pada umat Allah. Maka perlulah turun tangan Allah. Yeremia yakin Allah pasti turun tangan dan bertindak. Keyakinan seperti itu merumuskan Agama sejati yang mempunyai ciri batiniah dan pribadi yang menyolok . Kemesraan pribadi dan menjadi dasar penghayatan sejati . Agama sejati adalah karunia Tuhan yang membuat manusia mengenal Tuhan secara pribadi dan mesra bergaul dengan Dia, mencintai dan mentaati kehendakNya.

17. Yeheskiel 
Nabi Yehezkiel adalah seorang Nabi sezaman dengan Yeremia tetapi berkarya lain tempat. Ia berkarya ditengah-tengah kaun buangan Babil .Yehezkiel sering disebut nabi aneh. Keanehanya ialah . beberapa lama ia menjadi bisu dan barangkali lumpuh ia disembuhkan ( 24 : 27 ; 33: 22 ) apakah ia sungguh-sungguh bisu atau lumpuh? itu adalah sebuah lambang bahwa nabi terhalang menyampaikan Firman Tuhan oleh karna kedegilan hati pendengar.
Pesanya : Menonjolkan dosa dasariah. Allah mengasihi, merawat umat menjadi iastriNya.. Tapi umat melacurkan diri terutama pemujaan terhadap berhala ( bab 16 ) . Kerdosaan Israel terutama pemujaan pada berhala pelanggaran hukum taurat, khususnya yang menyangkut halal dan haram , Najis dan tahir,
Dia sangat menaruh perhatian pada ibadat dan upacara. kurang memberi perhatian terhadap masalah-masalah moral . kedosaan manusia sangat bertetangan dengan Kekudusan Allah , kekudusan Allah tidak terkurung dan terikat oleh waktu dan tempat. Allah tidak hanya hadir dalam Bait Allah saja tapi juga hadir dalam pembuangan. Allah menghukum umat yang berdosa dan murtad tapi tidak meninggalkanya. Hukuman Tuhan diberikan supaya bertobat. Bertobat kemudian ditebus dan diselamatkan. Tuhan bertindak demi kekudusanNya sendiri.
Dalam rangka kekudusan itulah Tuhan memberikan hati yang baru dan Roh yang baru. ( 36 : 25 - 27 ; 11 : 19 ) . Kesadaran akan kekudusan Allah menyadarkan diri akan pengharapan akan keselamatan dimasa mendatang.. Jelas terungkap dalam gambaran tulang-tulang yang kering ( 37 : 1 dst . hal tersebut menggambarkan keadaan umat dalam pembuangan . tidak ada harapan lagi tetapi Roh Tuhan mampu menghidupkan memulihkan umatnya dimasa-masa mendatang. Bagi manusia tidak mungkin tapi bagi Allah mungkin.

18. Ratapan 
Ratapan sebuah nyanyian untuk mengisi dan meratapi kematian . lagu-lagu itu biasanya menggunakan irama dan langgam yang menyayat hati. Yang ditangisi ialah pusat umat Allah kota Yerusalem yang dimusnahkan Tentara Babel pada tahu 597 sm dan tahun 586 Sm kota dibakat penduduk kota diungsikan ke Pembuangan , Peristiwa itulah mencetuskan lagu ratapan. Kita berpendapat Yeremia yang mengarang. Dalam Ratapan itu umat menyatakan perasaan hatinya. Ia sangat sedih karena nasib malang yang menimpa. Namun demikian umat tidak jatuh putus asa dan tidak memberontak terhadap nasibnya. Ia meninjau kembali nasibnya lalu terpaksa mengakui bahwa semuanya didatangkan dari Tuhan sebagai hukuman atas dosa dan ketidak setiaan umat. Ia menyesal minta ampun sementara ia dengan sabar menjalani hukuman. Mereka yakin pada saatnya Tuhan akan menolong dan memulihkan keadaan umatnya.

19. Daniel 
Bagian pertam bab 1 – 6 menceritakan seorang Tokoh Daniel dan 3 orang temanya . apa yang diceritakan terjadi dalam pembuangan di Babel di Zaman Raja Nebukadnezar . Daniel seorang berhikmat, berilmu ala Babel . Ia bertindak ahli tafsir mimpi dan peramal. Cerita ini merangsang daya kayal rakyat.
Bagian ke dua Bab 7 – 12 Bagian ini mengumpulkan sejumlah penglihatan. Penglihatan tersebut sulit dipahami sebab penuh dengan kiasan . Penglihatan itu berupa ramalan tentang masa depan termasuk akhir zaman. Gaya penulis memerinci mengenai akhir zaman . Penulis sebenarnya menyembunyikan diri. Seolah-olah wahyu itu diberikan kepada seorang tokoh terkenal zaman dulu tetapi disuruh menyembunyikan sampai saat ramalan digenapi. ( Dan 7 : 28, 8 : 26, 12: 4,9 ) Penglihatan secara sembunyi-sembunyi disebarluaskan dikalangan terbatas. Semacam lembaran gelap, oleh karma menentang pemerintah.
Kitab Daniel merupakan hiburan bagi yang teraniaya. Kepercayaan sejati terancam oleh kebudayaan Yunani ( Heelinisme ) tetapi juga ditindas dengan penganiayaan oleh pihak pemerintah. Penulis mau menghibur dan meneguhkan kepercayaan kepada Tuhan .
Pesanya: Pesan ini masih berlaku bagi umat Allah yan masih menempuh perjalanan sejarah , khususnya kepada umat yang teraniaya. Dalam keadaan itu Kitab Daniel dapat membinan keyakinan bahwa akhirnya yang menang adalah Allah dan umatNya. Sebab Allah yang berkuasa, Alah yang mengubah saat dan waktu Dia memecat dan mengangkat Raja ( 2 : 21 ) 


KITAB NABI- NABI KECIL
20. Hosea 
Kasih Setia yang jaya itulah yang tepat diberikan judul pada kitab Hosea. Ia menggambarkan kasih Allah , melalui pengalaman pribadi , seperti seorang suami mempunyai istri yang tidak setia dan berzinah, kemudian ditalak tapi masih mencintainya. Kemudian mengambilnya kembali . Menggambarkan keadaan Manusia yang dikasihi Allah, manusia sering berzianh dengan Allah lain Kemudian Allah memberikan Hukuman tapi Allah tetap mengasihi akhirnya Allah mengambil kembali. Hosea yakin Allah mengasihi Isrel sebagai seorang ayah kepada anak. Atas dasar kasih setia itulah nabi yakin bahwa Umat dimasa akan dating akan bertobat dan dipuihkan sehingga uimat benar-benar mengenal Tuhan .

21. Yoel 
Bertobatlah, maka kalian akan menerima karunia yaitu Rohkudus. Ia mengartikan bencana alam sebagai hukuman Tuhan dan mengajak manusia utnuk bertobat. ( Kelaparan paceklik ). Ia juga melihat bencana terjadi melambangkan dan mengawali hari Tuhan . menggambarkan hari Tuhan merupakan hukuman yang dahsyat. Tetapi bagi umat Allah hari Tuhan merupakan saat keselamatan yang membuka masa kesejahteraan dan kemakmuran masa kebahagiaan dan kekudusan. Roh Ilahi dilimpahkan atas segenap sisa umat Allah yang percaya.

22. Amos
Nabi Amos adalah seorang petani dan peternak. Dia adalah seorang nabi yang melawan ketidak adilan . Pandanganya. Memperkosa hak sesame manusia berarti memperkosa perjanjian dengan Tuhan. Sebab Tuhan mengadakan perjanjian bukan dengan kalangan atas yang berkuasa, tetapi dengan seluruh umat. Hari Tuhan bagi umat menjadi hari “kegelapan” artinya tidak ada orang yang meluputkan diri dari penghukuman Tuhan , tetapi ia percaya pasti ada sisa ( 3 : 12 ; 5 : 15 ; 9 : 8 ) Karna pengharapan itulah Amos mengajak umatnya kemvbali ke jalan lurus. 5 : 6 ; 5 : 14-15 Mencari Tuhan tidak hanya beribadat kepadaNya tetapi lebih mencintai yang baik menegakan keadilan. Sekalipun demikian dia bukan seorqang yang revolusioner yang merombak Struktur dan tatanan . Hanya masyarakat perlu menghayati sesuai dengan perjanjian Tuhan .

23. Obaja
Pesan : Tuhan yang akan empunya kerajaan ia yakin Tuhan akan menguasai segala bangsa dan membimbing sejarahnya. Tuhan akan menyatakan kemuliaanya sebagai Raja atas segala Raja.

24. Yunus
Kitab Yunus mengajar, menegur dan memperbaiki umat Isrel yang picik hati. Yunus yang tidak memehami belas kasihan Tuhan, menyayangi, dan mengampuni kota Niniwe, melambangkan sebagai umat Israel . yang benar dikasihi yang kafir dikutuk. Kitab ini menentang kepicikan dan kefanatikan orang beragama yang selalu cenderung menganggap dirinya sendiri sebagai sasaran kasih karunia Tuhan , yang sebenarnya merangkul semua umat apapun agamnya. Israel sendiri ingin menentukan bagaimana seharusnya Tuhan bertindak dan berlaku.
25. Mikha
Berlaku adil dan mencintai kesetiaan, itulah pokok berita Mikha. Agama yang sejati selain berlaku adil , mencintai kesetiaan, hidup dengan rendah hati dihadapan Allah. 6 : 8. Nabi juga melihat masa depan yang bahagia dengan seorang Raja keturunan Daud yang menjadi Damai sejahtera. 5 : 1- 4

26. Nahum, 
Penindas Kejam jatuh Binasa. Kehancuran Asyur itulah yang menjadi inti nubuat nabi Nahum. . Ia menyuarakan kegembiraan bangsa-bangsa lain yang tertindas dan dirampok kerajaan Asyur. Ketika musuh kejam berarti mendekati kehancuran.

27. Habakuk
Aku menantikan apa yang di Firmakan Tuhan . Habakuk adalah seorang pemenung hasil pemenunganya disusun sebagai suatu upacara ibadat. Dia merenungkan bagaimana umat Allah ditindas dan disiksa oleh orang-orang fasik seperti orang-orang Babel? Nabi meletakan masalah ini kehadapan Tuhan sendiri. Dengan sabar menanti jawaban Tuhan. Llu Tuhan memberi wahyu Babel pun pada giliranya akan mendapat hukuman.

28. Zefanya
Kerendahan hati yang menyelamatatkan. Adapun orang yang rendah hati adalah orang miskin hina dina. Mereka merasa tidak berday tertindas tetapi sepenuhnya taat kepada kehendak Tuhan, sambil mengandalkan kekuasaanNya dan kebaikan Allah. Sikap hati orang miskin itu menjadi sikap keagamaan yang sejati

29. Hagai 
Bait Allah menjamin keselamatan kelak. Ia mendesak supaya Bait Allah supaya dibangun kembali. Masa kemakmuran dan kebahagiaan akan segera tiba setelah bait Allah didirikan. Maka orang Yahudi perlu mengutamakan pembangunan Bait Allah dari pada kepentingan diri sendiri. Inti kebahagiaan dan kemakmuran adalah bila Roh Tuhan tingal dalam umat sebagai daya / ekuatan ( 2 : 6 ) itu sebabnya Bait Allah yang baru lebih semarak disbanding dengan yang dibagun Salomo.

30. Zakharia
Pengharapan akan masa depan. Senada dengan nabi Hagai mendesak supaya bait Allah yang baru supaya segera didirikan. Ini merupakan prasyarat keselamatan yang diharapkan , tetapi nabi Zakaria lebih menekankan kesusilaan , keadilan dan pertobatan

31. Maleakhi
Korban yang sempurna didunia semesta . Keadaan msyarakat yang kurang beres . semangat yang dikobarkan oleh nabi Hagai, Zakaria sudah padam. Bait Allah yang baru telah selesei tetapi para Iman lalai melaksanakan tugasanya dan menyelenggarakan ibadat sebagaiman mestinya. Rakyat pun lalai memberikan persembahanya bagi ibadat, ada juga rasa acuh tak acuh dan kebimbangan terhadap penyelenggaraan Ilahi. Orang yahudi tidak segan memperistri orang kafir dan mencereikan istrinya sendiri. 

Posting Komentar

0 Komentar