Selamat datang di Blog GKJW Jemaat Bondowoso

GKJW Bondowoso lahir pada 16 Agustus 1896 ditandai dengan Baptis pertama ( Sulung )di GKJW Bondowoso; GKJW Bondowoso tahun 2014 telah berusia 119 tahun.

Kamis, 28 Juli 2011

Kotbah Yesus Tentang Akhir Jaman Menurut Markus

KOTBAH YESUS TENTANG AKHIR ZAMAN
Markus 13 
Oleh Pdt. Muryo Djajadi
( Disampaikan dalam Pendalamam Alkitab di GKJW Bondowoso )



INFO MENGENAI FILE INI SILAHKAN LINK INI DI KLIK


I. PENGANTAR

Khotbah Yesus tentang akhir zaman sangat sulit dipahami oleh orang Modern. Alasan karma Alkitab dalam konteks Yahudi Pemikiran Markus dalam kerangka gagasan Yahudi. Kesulitan tentang ajaran kedatangan Yesus yang kedua kali praktis hanya ajaran tentang Iman Kristen saja. Tapi melalui ajaran ini kita akan menemukan ajaran yang abadi. Untuk melengkapi ajaran tentang Akhir zaman saya akan mengajak untuk melihat uraian dogmatis Kristen dan pandangan agama agama tentang akhir zaman. Agar kita semakin diperkaya terhadap ajaran Akhir zaman. Kita dapat menemukan relevansinya dalam kehidupan sebelum tiba akhir zaman.
II. URAIAN DOGMATIS TENTANG AKHIR ZAMAN 
1. Pandangan agama-agama 
Agama Islam mengajarkan tentang surga, yang akan mengakhiri perjalanan dunia ini. Orang mati sekarang ini masih berada dalam alam Barzakh sampai akhir zaman. Sesudah diadakan penghakiman terakhir para manusia dengan melalui Syirat al mustaqim menuju surga. Hanya orang berimanlah yang bisa melewati , sedangkan lainya terjatuh dalam jurang neraka yang ada dibawah jembatan
Agama Hindu dan Budha . Agama Hindu mengajarkan , bahwa orang yang mendapatkan kelepasan kembali kepada Brahman. Sedangkan Agama Buhda mengajarkan tentang Nirwana. Agama Hindu dan Budha mengajarkan adanya dunia manusia yang bermacam-macam yang saling ganti mengganti.. Zaman Krtayuga zaman yang dimulai 100 % baik dan berakhir 75 % baik dan 25 % jahat. Zaman treatyuga zaman yang dimulai 75 % baik dan 25 % jahat tetapi yang diakhiri 50 % baik dan 50 % jahat akhirnya zaman kaliyuga yang dimulai dari 25 % baik dan 75 % jahat . Akhirnya zaman kaliyugo yang dimulai dengan 25 % baik dan 75 % jahat tapi diakhiri dengan 100 % jahat. Pada akhir kaliyugo akan datang kalki yaitu penitisan Wisnu, yang akan memperbaharui dunia lagi.
2. Keadaan orang beriman setelah mati 
Alkitab tidak membuka rahasia secara terang-terangan . tapi keselamatan setelah mati itu nyata. Keselamatan itu diungkapkan Tuhan Yesus di Salib, sekarang ini kamu bersama aku berada dalam Firdaus. Bagi orang beriman mati sebelum kedatangan Kristus kedua kali, bukan mati begitu saja. Sebab orang mati bersama Kristus masih tetap hidup, hanya saja hidupnya dihubungkan dengan Kristus. Jadi setelah orang beriman mati ia masih berhubungan dengan Kristus( Roma 8 : 38 ) maka Kristus disebut Tuhan orang mati dan Hidup bukan hanya atas orang hidup saja ( Roma 14 : 9 ) jadi bersama dengan Kristus memiliki arti yang luas sekali . kebahagiaan bersama Kristus bukan hanya berlaku semasa Hidup tapi setelah mati ( Filipi 1 : 24 ) bahkan juga setelah Kristus datang kedua kali pada Akhir zaman ( 1 Tesalonika 4 : 17 , 5 : 10 ) Bagaimana Keadaan Orang yang mati Sebelum Percaya Kepada Kristus ? mereka akan dibangkitkan Kembali siapa yang percaya kepada kristus dia akan hidup kekal walaupun ia sudah mati. ( Yohanes 11 : 25 ) . Hidup setelah mati bukan hidup dalam tubuh yang dimuliakan. Sebab hidup didalam tubuh yang dimuliakan akan terjadi setelah Kristus datang kedua kali pada akhir zaman. Pengharapanya adalah Kristus yang mati telah hidup dengan tubuh yang dimuliakan, demikian juga kita.
3. Kedatangan Kristus kedua kali 
Apa beda kedatangan Kristus yang pertama dan kedua? Ketika Yesus datang dalam daging atau menjadi manusia masih banyak hal yang dirahasiakan, sehingga banyak orang yang tidak tahu siapa sebenarnya Dia. Tetapi kedatanganya yang kedua kali segala rahasia pada waktu itu akan terbuka. Dan akan disaksikan oleh orang di seluruh dunia. ( Mateus 24 : 27, 30 )
KedatangaNya yang kedua kali akan menghakimi orang yang hidup dan mati ( 2 Tim 4 : 1; 2 Kor 56 : 10 Kis Ras 10 : 42 ) disitu segala perbuatan manusia akan diungkapkan sebagaimana keadaan. ( 1 Kor 3 : 13; 4 : 5 ) Ketentuan yang dipakai untuk menghakimi orang yang beriman dan yang tidak ialah bagaimana sikap mereka terhadap diriNya. Sebab Ia ditetapkan menjadi hakim segala orang yang hidup dan yang mati. ( Kis 10 : 42 ; 2 Kor 5 : 10 ; Wahyu 6 : 16 ) Hidup didunia sekarang ini hidup yang penuh pertanggungan jawab. Sebab pada hari kedatangaNya kita harus mempertanggung jawabkan hubungan dengan sesama ( Mat 6 : 43,6,16 ) segala kata-kata yang diucapkan ( Mat 12 : 36 ) KedatanganNya yang kedua kali bukan tidak ada sangkut paut dengan hidup kita sekarang. KedatangaNya tidak diketahui saatnya. Sebab pada hari itu segala Rahasia akan diungkapkan. Yang baik akan kelihatan baiknya yang jahat semakin jelas kejahatanya. Tidak ada yang baik dianggap jahat dan tidak ada yang jahat dianggap baik Kuasa-kuasa gelap akan dilucuti senjatanya, dan akan dijadikan pertunjukan Demikian cara Kristus menewaskan dengan SalibNya ( kol 2 : 15 ) Hidup kekal akan ditunjukan seperti keadaan sebenarnya ( Yoh 11 : 25,26 )
Alkitab banyak menuliskan tentang gambaran kedatangan kedua kali. Turun dari Surga bersama Malaikat ( 1 Tes 3 : 13 ; 4 : 16 ; Mat 24:31) . Menghakimi musuh, memisahkan orang beriman dan tidak beriman ( Yes 66:2,15 ; Yer 10 : 25; Mzm 68 : 36; Yes 2 :11,17 ) Orang yang tidak kenal pada Tuhan Yesus akan dipisahkan dari wajahNya sedangkan orang yang kenal akan bersama-sama dengan Tuhan untuk selama-lamanya. ( 1 Tes 4 :17 ) Kedatanganya didalam awan ( Mrk 13 : 26) menyuruh malaikat Tuhan yang dibarengi dengan bencana alam besar sekali ( Mat 24 : 29-31; 2 Pet 3 ; Wahyu ) semua Nubuat tentang kedatangaNya tidak harus kita pahami secara harafiah melainkan nubuat itu hanya menunjukan kedatangaNya itu dalam kemuliaan. Karna Kristus datang pertama dalam kehinaan maka kedatangan kedua kali dalam kemuliaaNya, sehingga semua orang yang melihat terpesona dan memuliakan Tuhan Yesus.
4. Tanda-tanda kedatangan kristus ke dua kali 
Menurut Agama Islam Hari kiamat didahului dengan tanda-tanda bermacam-macam yaitu Iman yang makin mengurang, sehingga orang makin banyak buta agama, pendudukan tempat-tempat yang tinggi oleh orang-orang yang tidak layak, kemrosotan moral, dimana bilangan laki-laki lebih banyak dari wanita. 1:50 . perberontakan, perang, bala kelaparan, wabah penyakit, kedatangan dajal atau antikrist, yang akan menyesatkan manusia, dengan keanehan-keanehan. Kedatangan Nabi Isa yang akan membinasakan dajal dan menolong manusia yang sedang kacau dengan mematahkan salib dan menjalankan syariat nabi Muhamad lalu ada suatu waktu kebahagiaan dan kemakmuran , datanglah dabbah ( Binatang ) yang pandai bercakap-cakap dengan manusia, matahari terbit disebelah barat, pengrusakan ka’bah, lenyabnya Al Quran dari segala tulisan ( Al Quran lenyab tulisanya tinggal kertasnya dan tidak ada orang yang hafal Al Quran lagi ) segala penduduk dibumi murtad.
Alkitab juga kedatangan Kristus didahului dengan bermacam-macam tanda antara lain :
a. Akan datang Kristus palsu yang menyesatkan banyak orang ( Mat 24 : 5 )
b. Akan datang godaan besar, yang menjadikan banyak orang murtad, ada penganiayaan, saling benci-membenci, sehingga keluarga pecah belah, saling memukul, bunuh membunuh ( Mat 24 : 8-12; Markus 13 : 12 )
c. Akan datang bencana alam yang besar sekali ( Mat 24 : 30 )
d. Akan ada perang,dan kabar perang, bala kelaparan dan gempa bumi ( Mat 24 : 6,7 )
e. Di langit akan ada tanda anak manusia ( Mat 24 : 30 )
f. Akan banyak berpaling dari Iman, murtad ( 2 Tes 2 : 3 )
g. Datangnya manusia durhaka yaitu Anti Kristus ( 2 Tes 2:3-7 )
h. Injil kerajaan akan diberitakan keseluruh dunia ( Mat 24:14)
i. Kerajaan Seribu tahun ( Wahyu 20 )
j. Bangsa Yahudi akan bertobat ( Roma 11:2,28,29 )
Maksud peringatan kepada tanda-tanda agar orang beriman mengenal zamanya sendiri, mana yang menentang Kristus dan mana yang berpihak pada Kristus. Peringatan tersebut supaya para beriman bertahan hingga akhir hidup mereka sekalipun mereka ditempatkan ditengah-tengah godaan . Ungkapan “ Zaman akhir “ bukan bagian Zaman atau tahapan waktu yang dekat melalui akhir zaman. Mendahului hari kiamat, melainkan “ zama akhir” itu meliputi seluruh zaman yang telah dikuasai oleh Kristus. Orang beriman perlu mengenal Zamanya sendiri sebab Kristus datang tidak ada yang tahu
5. Anti Kristus
Salah satu Tanda kedatangan Kristus kedua kali adalah munculnya anti Kristus atau dajal . yang dimaksud Anti Kristus adalah orang-orang yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus dan menyangkal Allah Bapa dan Putra. ( 1 Yohanes 2 : 22 ) Anti Kristus bukanlah orang-orang tertentu, melainkan ajaran atau aliran yang diajarkan untuk menentang Kristus. Sikap anti juga memiliki cirri-ciri sikap kemanusiaan ( Wahyu 13: 18 ) angka bilangan anti Kristus 666. ada yang menyebutkan 666 adalah angka simbolis angka kesempurnaan manusia tanpa Allah sebab angka sempurna adalah 7 jadi manusia lebih menekankan kekuasaanuya tanpa Allah. Di Indonesia orang menafsirkan angka 666 adalah Hitler. Cara menghitungnya adalah dimulai dengan angka seratus : jadi A = 100, B, 101, C = 102 dst . Hasilnya HITLER : H=107, I = 108, T= 119, L= 111, E : 104 dan R ; 117 jumlah 666. Penafsiran demikian terlalu sewenang- wenang. Sekalipun harus diakui ada unsur kebenaranya. Bila dihubungkan dengan sipenafrsir.
6. Kebangkitan orang mati 
Pandangan Agama Isam pada hari kiamat matahari jatuh dari tempatnya, sehingga tidak bercahaya lagi sedangkan bintang-bintang bertebaran. Karna gempa bumi yang hebat gunung pecah seperti debu air laut membanjiri daratan kubur-kubur terbongkar. Semua manusia dalam keadaan takut. Setelah itu Malaikat Israfil meniupkan nafiri yang pertama kali yang menyebabkan semua makluk mati . empat puluh tahun lamanya dunia sepi sunyi. Tuhan menghidupkan kembali malaikan Israfil dan memerintahkan untuk meniupkan nafiri yang kedua kali karena tiufan nafiri semua makluk dihidupkan kembali.
Menurut Alkitab kedatangan Tuhan Yesus kedua kali dimaksudkan bagi keselamatan orang beriman. Orang beriman pada waktu itu akan dibangkitkan dan akan dimuliakan bersama-sama dengan orang yang masih hidup.
Dalam PL Kematian dipandang sebagai pemutusan memisahkan orang dari segala hubungannya. Manusia kembali pada debu ( Maz90 : 3) Orang mati dipandang turun dari kerajaan maut. Yang memasuki tempat maut ( Syeul ) bukan hanya orang jahat tapi juga orang beriman. Namun ada keselamatan baginya ( Kej 49:18) . Harapan akan adanya kebangkitan orang mati juga ada dalam PL . Mati bukan dipandang sebagai suatu nasib yang tidak dapat diatasi. Tuhan Allah yang hidup lebih berkuasa daripada maut. ( Yer 23 : 36 )
Dalam PB Keyakinan tentang kebangkitan orang mati makin jelas melalui karya Tuhan Yesus. ( Yoh 11 : 25 ) Yesus sendiri kebangkitan dan hidup. Pada hakekatnya kebangkitan dan hidup tampak pada diri Tuhan Yesus. Itu sebabnya orang beriman disebut dengan Kristus. ( Rom 6 : 8 ) Dengan kebangkitan orang mati Kristus telah mematahkan maut, mendatangkan hidup yang tidak dapat binasa. Jadi orang beriman pada akhir zaman akan dibangkitkan kepada hidup yang kekal, suatu kenyataan yang tidak dapat diragukan, sebab Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati.
7. Tubuh orang yang dibangkitkan 
Orang yang dibangkitkan dari antara orang mati akan menerima tubuh rohaniah, sebab itu disebutkan bahwa yang ditaburkan adalah tubuh alamiah, dan yang dibangkitkan tubuh rohaniah. ( 1 Kor 15 : 44 )
Apakah tubuh yang dimiliki orang beriman, jika dibangkitkan sama dengan tubuh halus. Tubuh yang fana akan diganti dengan yang tidak fana yang hina dijadikan mulia, yang lemah dijadikan kuat yang alamiah dijadikan rohaniah ( 1 Kor 15 : 42-44 ) Bagaimana hal ini akan terjadi tidak jelas hal ini merupakan harapan yang nyata. Para orang beriman akan menjadi serupa dengan gambaran anakNya. ( Rum 8 : 29 ) Yang akan dibangkitkan bukan hanya akunya sebagai manusia, juga bukan batinya, melainkan sebagai keseluruhan. Hal itu dikaitkan dengan pernyataan Tuhan Allah dalam Kristus . Justru dalam hidup orang beriman seutuhnya dinyatakan kekuatan kebangkitan Kristus.
8. Bumi baru 
Didalam langit dan bumi yang baru tidak akan diingat lagi hal-hal yang dahulu, bahkan semua tidak akan timbul lagi dalam hati. ( Yes 65 : 17, 66 : 22) yang dijadikan baru adalah dunia yang kita diami. Bagaimana cara dunia yang kita diami dijadikan dunia yang baru? Menurut 2 Petrus 3 ; 10-12 ) langit dan bumi akan dilenyapkan. Perpindahan dari zaman sekarang ke zaman yang akan datang bukan secara pelan-pelan seperti pergantian abad ke 19, 20 . sebab perpindahan itu akan melalui penghukuman. Dan penghukuman Tuhan tidak boleh dianggap entheng. Sebab kita tidak boleh lupa, bahwa dalam penghukuman itu akan dimulai dunia yang baru.
Pembaruan dunia akan dimulai bersama dengan dinyatakan kedudukan para orang beriman kepada Anak Allah. Kesempurnaan bumi dan langit baru bahwa Tuhan akan menjadikan semua didalam semua ( 1 Kor 15 28 ) semuanya akan menajdi seperti yang dikehendaki oleh Allah. Dalam dunia baru hubungan manusia dengan sesama, hubungan dengan Allah, hubungan denga alam, akan dinyatakan seperti yang dikehendaki Allah. Itulah damai sejahtera yang merupakan rahasia akhir zaman .
9. Hidup kekal 
Pada akhir zaman manusia beriman akan diperkenankan melihat Allah, bukan berarti zat Allah yang tidak dapat dilihat oleh mata, ketika hidup didunia ini. Tirai yang sekarang masih sering menutup wajah Allah yang penuh kasih karunia itu kelak akan diungkapkan . ( Ef 2 : 18 , 1 Pet 3 : 18 ) Siapa yang dikenan melihat wajah Allah ialah mereka yang mengenal Allah, pada zaman sekarang. Mengenal Tuhan dalam percaya dan menerima Tuhan Allah bukan hanya dengan akal, melainkan seluruh eksistensi dengan hati dan pengalaman. Segala karunia pada akhir zaman dihubungkan dengan karunia yang diberikan pada zaman sekarang. Daya akhir zaman telah dirasakan pada zaman sekarang. Oleh karma itu melihat wajah Allah bukan asing bagi orang beriman. Yang pokok adalah hati, yaitu hati yang suci yang akan menjadikan kita meliha Allah dalam keadaan yang sebenarnya.
Bagaiman keadaan melihat Allah pada Akhir zaman ? tidak dapat mengerti dengan cara yang sempurna. Sebab Alkitab tidak memberitahukan tentang hal itu. Kelak ketika kita diperkenankan melihat sendiri akan menjadi jelas. Lebih dari itu kita tidak akan dapat mengungkapkanya. Demikian hidup kelal yang dicadangkan sebagai warisan orang yang beriman.
III. KHOTBAH YESUS TENTANG AKHIR ZAMAN MENURUT MARKUS

1. Hari Tuhan 
Pertama kita harus melihat latar belakang orang Yahudi . bahwa orang Yahudi tidak pernah ragu bahwa mereka adalah umat pilihan Allah. suatu hari kelak mereka akan menduduki tempat yang pantas dan akan dimiliki selamanya. Mereka yakin bahwa Akhirnya Allah sendiri yang langsung campur tangan dalam sejarah. Hari dimana Allah campur tangan disebut hari Tuhan . sebelum datangnya hari Tuhan akan terjadi masa sulit. Dunia akan digoncang sampai kedasar-dasarnya. Dan penghakiman akan terjadi. Namun peristiwa itu akan disusul dengan dunia baru, zaman baru, dan kemuliaan baru. Gagasan Dunia baru merupakan produk optimisme karna Allah campur tangan dan Pesimisme yang didasarkan bahwa dunia ini jahat harus dihancurkan dan dunia baru harus diciptakan. Kita lihat dalam PL ( Amos 5 : 16-20 , Yesaya 13 6 : 16 , Yoel 2,3 ) Hari Tuhan akan datang tiba-tiba , mengerikan dan memusnahkan, dunia akan hancur alam akan dijungkir balikan, Sang hakim akan datang. Gagasan hari Tuhan untuk menggambarkan apa yang tidak dapat digambarkan dan untuk mengatakan apa yang tidak dapat dikatakan. Yesus mengambil bahasa gambaran itu. Yesus tahu sebagaimana mereka tahu, bahwa semua itu hanyalah gambaran sebab tidak ada seorangpun yang benar-benar dapat mengatakan apa yang akan terjadi bila Allah sendiri turun tangan.
2. Malapetaka suatu kota 
Nubuat Yesus terhadap kehancuran kota Yerusalem, Bangunan Bait suci telah dibangun oleh Herodes dan pembangunan dimulai sejak tahun 20 s/d 19 sebelum masehi. Pada masa Yesus bangunan itu belum selesei. Bangunan tersebut diatas bukit MURYA. Bangunan itu sangat mempesona karma dilapisi dengan lempengan emas , pada pagi hari sangat berkemilau. Dan tidak semua orang dapat memandangnya pada pagi hari. Semua kemegahan itu sangat mengesankan bagi murid-murid Yesus. Bait suci itu merupakan puncak seni dan prestasi manusia yang tampaknya begitu besar dan kokoh sehingga menimbulkan kesan bahwa bangunan itu akan berdiri selamanya. Namun Yesus bernubuat lain akan tiba waktunya tak ada satupun batu yang bertahan. Kurang dari lima puluh tahun kemudian bait suci itu hancur. Sudah terjadi.
3. Derita sebuah Kota 
Yesus menubuatkan kengerian pengepungan dan kejatuhan kota. Ia memberikan peringatan jika tanda-tanda kehancuran itu datang orang harus melarikan diri bahkan jangan kembali unutk mengambil pakaian dan barang-barang mereka. Pada kenyataan melaukan sebaliknya. Sehingga kematian menimpa mereka. Yesus mengatakan pembinaasaan keji, apa yang dimaksudkan orang pada waktu itu tidak hanya mengharapkan datangnya mesias tapi juga munculnya suatu kuasa penjilmaan sijahat yang akan mengumpulkan kekuatan meawan Allah. ( 2 Tes 2 : 3, Wahyu 17 ) pad tahu 70 m Yesrusaelm akhirnya hancur membuat kota menjadi kelaparan. Yesefus menceritakan ada 97.000 orang ditawan dan 1.100.00 binasa karma kelaparan . bagaimana menguburkan orang, keadaan semakin runyam banyak orang yang mencuri mayat. Nubuat Yesus ini sudah terjadi hamper sepenuhnya. Yang selamat hanyalah orang yang mau menuruti nasehal lari ke bukit-bukit.
4. Jalan yang sulit 
Kini Yesus memberikan peringatan mengenai penganiayaan yang akan datang Yesus tidak pernah membiarkan pengikutnya tidak tahu bahwa mereka memilih jalan yang sulit. Orang yang diserahkan kepada majelis agama dan dipukul di rumah-rumah ibadat, merujuk cara penghukuman cara Yahudi , Sanhedrin yakni Mahkamah Agung Yahudi.
Fakta menunjukan orang Kristen merasakan kekuatan yang luar biasa ketika diperhadapakan dengan pengadilan . orang Kristen membuat kawanan kecil yang takut akan Allah dan tidak takut pada manusia. Orang seisi rumah terkadang menjadi pengkhianat. Ada orang-orang yang karna berusaha menyenangkan hati para penguasa, tega mengkhianati sanak saudara dan keluarga sendiri. Ini merupakan pukulan yang paling berat. Permusuhan didalam keluarga sendiri merupaka satu hal yang selalu ada dalam daftar mengenai kekejaman hari-hari akhir. Sahabat tiba-tiba saling menyerang, mereka saling membenci dan menghasut untuk saling berkelehi dan mereka akan saling melawan, anak-anak akan memalukan orangtuanya, dan orang tua akan bangkit melawan anak-anaknya. Anak laki-laki akan menghina ayahnya, anak perempuan bangkit melawan ibunya,menantu perempuan melawan ibu mertuanya, musuh orang ialah seisi rumahnya.
Kehidupan akan menjadi neraka diatas bumi bila mana kesetiaan pribadi hancur, bila sudah tidak ada kasih. Benar bahwa orang-orang Kristen akan dibenci, banyak difitnah yang paling serius adalah orang Kristen Kanibal ( Perjamuan Kudus )
Dunia sekarang keadaan orang Kristen di Indonesia secara umum juga mengalami hal yang jauh lebih sulit . Tetapi kita harus ingat orang yang selamat adalah orang yang bertahan sampai akhir. Kehidupan ini tidak pernah aman sebelum mencapai titk akhir. Ada orang melihat bahwa dipintu gerbang surga ada jalan menuju neraka. Orang yang bertahan sampai pada kesudahanya akan selamat.
5. Bahaya hari-hari terakhir 
Yesus sangat sadar bahwa, sebelum tiba hari-hari akhir para penyesat akan tampil. Alasan bidat itu muncul :
a. Usaha membangun doktrin sesuai dengan keinginanya dirisendiri. Sebab akal manusia memiliki kapasitas keinginan yang tak terbatas. Salah satu cara yang paling umum adalah, dengan mengotakatik kebenaran Kristen agar sesuai dengan keinginan
b. Terlalu membberikan penekanan pada satu kebenaran saja. Misalnya memberikan penekanan pada sifat Allah. Yaitu tentang kekudusan Allah sehingga kita tidak akan pernah akrap denganya , maka dilakukan dengan cara Askese, menekankan Pencurahan Roh kudus, Babtis ulang. Jika menekankan Keadilan Allah kita tidak akan merasa bebas dari takut akan Allah dan tidak merasa memperoleh pertolongan dari agama kita.
c. Untuk menciptakan agama yang sesuai dengan keinginan orang. Yakni agama yang popular dan menarik. Agama harus diperlunak, ketegasan, hukuman, tuntutan moral harus disingkirkan dari agama. Tugas kita bukan untuk mengubah kekristenan tetapi mengubah manusia supaya sesuai dengan kekristenan.
d. Ingin berpisah dari persekutuan Gereja. Bila seseorang berpikir sendiri ia menempuh resiko besar untuk berpikir sesat.
e. Menjadikan semuanya serba masuk akal. Sembuh, berkat, hanya melalui doa, dll. GK Chesterson mengatakan : hanya orang bodohlah memasukan surga sepenuhnya dalam kepala dan wajar saja kepala akan meledak. Orang yang bijak belajar memasukan kepala kedalam surga. Pad puncak kecerdasan kita sekalipun kita harus ingat bahwa ada tempat bagi misteri terakhir yang hanya dapat kita sembah,kita kagumi dan kita mulyakan.
6. KedatangaNya kembali 
a. Kedatanganya kembali didahului dengan masa peperangan. Ada beberapa bagian. Bagian pertama ada permulaan keghemparan, bagian kedua ada pembunuhan terhadap orang – orang besar, ketiaga akan ada banyak orang mati , keempat ada banyak pedang, kelima aakan ada kelaparan dan musim kemarau, keenam akan ada gempa bumi dan terror, kedelapanakan ada serangan hantu dan roh.-roh jahat, kesembilan api akan jatuh dari langit, kesepuluh akan ada banyak penindasan, kesebelas akan ada kekejian dan kenajisan, kedua belas, akan ada kekacauan sebagai akibat dari terjadinya semua yang sudah dikatakan. Dan akan terjadi siapapun yang selamat dari peperangan, akan mati karma gempa bumi, siapa yang selamat dari gempa bumi akan mati terbakar api dan siapa yang selamat dari api akan mati karena kelaparan.
b. Hari Tuhan akan didahului oleh gelapnya matahari dan bulan. Tiba-tiba matahari bersinar pada malam hari, dan bulan pada siang hari. Tanduk matahari akan dipatahkan dan akan dirubah menjadi kegelapan, dan bulan tidak akan memancarkan sinarnya dan seluruhnya akan dirubah menjadi darah, dan peredaran bintang akan dikacaukan.
c. Orang – orang yahudi akan dikumpulkan kembali di palestina dari tempat penjuru dunia.
Paparan Tuhan Yesus menurut Markus tidak memaparkan peta kehidupan kekal atau jadwal tentang masa depan.Dia hanya menggunakan gambaran yang dikenal oleh orang Yahudi. Satu hal yang harus kita ingat adalah kenyataan bahwa Yesus memang menubuatkan tentang kedatanganNya kembali cara penggambaranya bisa saja kita abaikan.
7. Berjaga-jagalah
Orang Kristen hendaknya siap sampai akhir zaman. Markus memberikan wejangan tentang apokaliptik Yesus. Akhir zaman sudah datang karma adanya tanda-tanda peperangan, gempa bumi, penganiayaan. Dalam saat ketegangan itulah roh Allah melindungi dan ada bersama-sama sampai akhir.penderitaan akan dipersingkat demi mereka yang telah Ia pilih ( 20 ) yang ditandai dengan melihat anak manusia datang dengan awan dengan segala kemuliaanNya. Markus ingin menyiongkirkan terhadap hitungan tak berguna mengenai akhir dunia supaya hidup dengan semangat dimasa kini dan selalu siap.
KedatanganNya memberikan penghiburan. Ada sinar penghiburan yang mengalahkan kegelapan. Penghiburan itu melalui anak manusia yang mulia datang diawan mengumpulkan orang-orang yang setia dari seluruh penjuru dunia. Penghiburan ini agar kita lebih siap tanggung jawab menjadi sinar penghiburan bagi mereka yang belum mengalami isi pengharapan.
Kita tidak tahu kapan, tetapi itu dekat maka berjaga-jagalah. Pesan yang menggembirakan bagi yang setia adalah “ Akhir zaman sudah mendekat dan akan segera terjadi. Apokaliptik ini diakhir dengan tantangan Ia meminta supaya bertahan dalam Iman karma tugas kita menjadi rasul –rasul yang siap sedia saat ini karma anak menusia mempercayakan ketangan kita sampai kembalinya dalam kemuliaan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Sebuah kehormatan bagi kami jika anda bersedia mengisi form komentar.