Pembangunan Gedung Gereja


PEMBANGUNAN GEDUNG GEREJA
GKJW JEMAAT BONDOWOSO


1. PERUBAHAN RENCANA RENOVASI MENJADI PEMBANGUNAN GEDUNG BARU
Sehubungan dengan rencana renovasi Gedung Gereja yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakan mengingat waktu pengerjaan Renovasi Gedung Gereja harus membongkar gedung gereja yang lama, di sisi lain waktu pengerjaan renovasi tersebut membutuhkan waktu yang lama diperkirakan 5 - 7 tahun. Waktu yang lama ini karena biaya renovasi yang sangat besar yaitu Rp 1.073.824.333,- ( satu milyar tujuhpuluh tiga juta delapanratus duapuluh empat ribu tiga ratus tigapuluh tiga rupiah ). Dengan berbagai pertimbangan akhirnya Majelis Jemaat GKJW melalui rapat kerja Majelis Jemaat ( Sidang Majelis Jemaat ) memutuskan untuk memanfaatkan tanah milik GKJW yang berada di sebelah gedung Gereja sekarang untuk dibangun Gedung Gereja yang baru. Mengingat biaya yang dianggarkan pembuatan gedung gereja baru hampir sama dengan biaya Renovasi. Di sisi lain dengan membangun gedung gereja yang baru maka gedung gereja yang lama bisa dimanfaatkan untuk kegiatan kegiatan pelayanan seperti untuk tempat ibadah anak anak atau untuk kegiatan pelayanan yang lainnya. Saat ini GKJW Bondowoso membutuhkan gedung gedung untuk kegiatan pelayanan mengingat kegiatan ibadah minggu anak dan remaja untuk jenjang Pratama dan Madya masih jadi satu yang seharusnya sudah dipisah karena perbedaan usia. Dan untuk kantor gereja saat ini juga masih jadi satu dengan rumah dinas pendeta ( Kapanditan ).
Dalam rapat kerja Majelis Jemaat tersebut juga ada beberapa catatan dari Majelis Jemaat untuk dilaksanakan oleh Pelayan Harian Majelis Jemaat (PHMJ ) dan Panitia Pembangunan yaitu :
  1. Harus dipikirkan tempat parkir. Mengingat gedung baru tersebut berada di tempat perkir yang sekarang, sehingga jika gedung gereja yang baru sudah di bangun GKJW tetap harus memiliki tempat parkir. Dari catatan tersebut panitia dan PHMJ merancang gedung gereja dengan Basemant ( Ruang parkir di lantai bawah gedung gereja ).
  2. Majelis Jemaat dalam rapat kerjanya menunjuk Pelayan Harian Majelis Jemaat untuk menyusun ulang rencana pembangunan gedung gereja termasuk mengawali proses perijinan perijinan.
  3. Gedung gereja yang baru tidak boleh meninggalkan unsur unsur jawa.
  4. Majelis Jemaat juga mengingatkan agar bahan bahan yang telah dibuat dalam rencana awal ( Renovasi ) seperti kusen dan daun jendela serta bahan bahan yang telah ada supaya dimanfaatkan secara maksimal, agar kegiatan - dana serta waktu yang sudah dilaksanakan sebelumnya tidak sia sia.
Mengacu pada hasil keputusan rapat kerja Majelis Jemaat dan catatan catatan tersebut di atas maka Pelayan Harian Majelis Jemaat dan Panitia menyusun segala sesuatunya termasuk merancang gedung gereja yang baru dengan arsitek dari unsur warga jemaat yaitu Ibu Kristina. Dan mengawali lagi proses perijinan untuk gedung gereja yang baru, dan mengajukannya ke Kantor KP2T ( Kantor Perjinan ) Kabupaten Bondowoso pada bulan Februari 2011. Proses ini membutuhkan waktu yang lama karena sampai pada hari ini Juni 2012 Ijin Mendirikan Bangunan ( IMB ) masih belum bisa diterima oleh Majelis Jemaat GKJW Bondowoso. Lobian lobian dari pihak gereja sudah dilaksanakan dan saat ini tinggal menunggu rekomendasi dari FKUB ( Forum Kerukunan Umat Beragama ).
Sampai pada saat ini kami masih melakukan lobi dan menunggu final dengan dikeluarkannya IMB pembangunan gedung gereja yang baru.
Gambar gambar gedung gereja yang baru seperti gambar di bawah ini.

Tampak dari sudut 


Majelis Jemaat pada media ini berharap bantuan dari semua pihak untuk mendukung rencana tersebut diatas. Bukan rencana manusia yang terjadi tetapi kami menyerahkan sepenuhnya kepada Tuhan Yesus Kristus, sehingga bukan manusia yang menjadi sombong tetapi Tuhan dapat semakin di permuliakan di muka bumi ini.
Atas segala bantuan Majelis Jemaat GKJW Bondowoso mengucapkan terima kasih. Tuhan senantiasa memberkati kita sekalian. Amin

2. Terkait dengan Pembangunan Gedung Gereja dan menegaskan kembali rencana pembangunan gedung gereja maka pada hari Minggu, 16 September 2012 Majelis Jemaat GKJW Bondowoso melaksanakan Sidang Istimewa. Adapun hasil kesepakatan Sidang Istimewa adalah :

1.      Bahwa Motto untuk Warga GKJW Bondowoso dan perlu di hayati oleh seluruh warga GKJW Bondowoso. Adapun Motto GKJW Bondowoso adalah “ Jangan bangga kalau masih mencontoh orang lain, tetapi berbanggalah kalau sudah menjadi contoh bagi orang lain
2.      Tetap akan meneruskan membangun Gedung Gereja di Utara Gedung Gereja ( di lapangan )
3.      Untuk Gereja yang lama nantinya penggunaannya kita alih fungsikan untuk kegiatan anak anak jemaat.
4.      Sidang memutuskan untuk merenovasi  Gedung Pertemuan karena dibagian atap sudah rusak.


3. A. Kegiatan yang sudah dilaksanakan sehubungan dengan Renovasi Gedung Gereja 
        a. Sosialisasi kepada warga jemaat
        b. Menghimpun dana melalui Janji Iman kepada Warga Jemaat dan para Donatur
        c. Pembelian kayu- kayu untuk pekerjaan pembuatan kusen- daun pintu dll .
        d. Pembuatan Gudang penyimpanan material bangunan
        e. Pembuatan kusen kusen 

      B. Kegiatan yang sudah dan dalam proses sehubungan dengan perubahan dari Renovasi menjadi               Pembangunan Gedung Gereja
       a. Menyusun ulang rencana pembangunan gedung gereja
       b. Bersama sama dengan Arsitek membuat Siteplan Gedung Gereja yang baru
       c. Mengajukan kembali proses proses perijinan ( IMB ) gedung gereja yang baru.
       d. Mencari donatur dan memotivasi warga jemaat akan rencana pembangunan gedung gereja.
       e. Melakukan lobi lobi dan memberikan penjelasan penjelasan kepada pihak pihak terkait akan rencana pembangunan gedung gereja.

4. Rekening khusus untuk kegiatan Pembangunan Gedung Gereja
         Bagi para donatur yang tergerak hatinya untuk menyengkuyung ( bahu- membahu ) mensukseskan kegiatan Pembangunan  Gedung Gereja di GKJW Jemaat Bondowoso baik berupa dana maupun material. Jika dalam bentuk dana maka dimohon      mentranfer di :
Rekening BRITAMA    No 0013-01-022390-50-5   atas nama: GKJW Jemaat Bondowoso.
     Apabila bantuan bapak / ibu / saudara berupa material dapat di kirim langsung ke : Jl. A. Yani 51 - Dabasah-      Bondowoso

5. Perkembangan Pembangunan Gedung Gereja sampai pada saat ini menunggu Ijin Mendirikan Bangunan ( IMB )

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Semoga GKJW Bondowoso dapat segera melaksanakan rencana Pembangunan Gedung Gereja.
    Dengan dibangunnya Gedung Gereja yang baru di sebelah Gedung Gereja yang lama bukan berarti ada 2 gereja. Tetapi gereja yang lama akan dialih fungsikan untuk kegiatan pelayanan gereja.

    Mohon supaya PEMDA Bondowoso segera mengeluarkan IMB.

    Gusti tansah mberkhai.

    BalasHapus

Sebuah kehormatan bagi kami jika anda bersedia mengisi form komentar.