Selamat datang di Blog GKJW Jemaat Bondowoso

GKJW Bondowoso lahir / berdiri pada 16 Agustus 1896 ditandai dengan Baptis pertama ( Sulung )di GKJW Bondowoso; GKJW Bondowoso tahun 2014 telah berusia 119 tahun.
 

Gangguan Gangguan Terhadap Gereja Gereja Sepanjang 2010

GANGGUAN GANGGUAN TERHADAP GEREJA-GEREJA SEPANJANG 2010
_____________________________________________________________
Inilah Data Rumah Ibadah yang Diganggu Sepanjang 2010
Sepanjang tahun 2010 konflik antara agama semakin meningkat. Puluhan rumah ibadah Kristen mengalami gangguan sepanjang tahun 2010. Demikian disampaikan Ketua Umum Forum Komunikasi Kristiani Jakarta (FKKJ), Theophilus Bela. Dalam rilisnya, ia mencantumkan ada 47 gereja. "Yang saya maksud diganggu adalah gereja yang mengalami rintangan dari pihak pemerintah setempat atau warga sekitar ( terangdunia.com / 08 Januari 2011 )
Hal ini sungguh memprihatinkan; kondisi toleransi antar umat beragama di negeri ini semakin terpuruk. Hal ini membuktikan bahwa adat ketimuran yang menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi- gotong royong semakin berkurang. Nilai nilai Pancasila semakin tidak berpengaruh lagi dihati masyarakat. Adat dan budaya luar justu yang semakin di junjung tinggi oleh masyarakat yang mengaku beragama. Mereka melupakan satu hal yang hakiki yaitu hidup rukun dan damai, hidup saling bahu membahu semakin hilang di negeri ini. Yang tinggal hanyalah keegoisan dan keakuan belaka.
TOLONG JANGAN GANTI IDEOLOGI PANCASILA DENGAN IDEOLOGI LAIN "
Indeologi Pancasila adalah Ideologi yang sudah sangat sesuai dengan sifat dan karakter Bangsa Indonesia. Kalau Pancasila mau diganti dengan Ideologi selain Ideologi Pancasila maka sama dengan merubah Negara Indonesia. Negara Indonesia adalah milik seluruh rakyat Indonesia dan bangsa Indonesia. Kalau anda sangat bangga dengan negara lain selain Indonesia anda keliru besar karena anda tinggal di Indonesia dan menjadi warga Indonesia untuk itu banggalah terhadap Negara Indonesia dan banggalah menjadi warga Indonesia. Indonesia dengan sejuta budaya dan sejuta keindahan alamnya. Hanya Pancasila yang dapat menaungi segala budaya yang ada di Negara ini. Ada Sejuta Budaya tetapi tetap satu yaitu " Indonesia "
Kami bangga menjadi warga Indonesia dan kami bangga tinggal di Indonesia.
Sepanjang tahun 2010 konflik antar agama di Indonesia semakin meningkat sekitar 3 kali demikian disampaikan Ketua Forum Komunikasi Kristiani Jakarta (FKKJ), Theofilus Bella, kepada Rakyat Merdeka Online, beberapa saat lalu (Selasa, 28/12).
Rakyatmerdeka.co.id pada tanggal 05 Januari 2011 memberitakan tentang gangguan-gangguan yang dialami oleh gereja-gereja sepanjang tahun 2010 dilaporkan oleh Aldi GultomRMOL. Puluhan rumah ibadah mengalami gangguan sepanjang tahun 2010 . Demikian disampaikan Ketua Umum Forum Komunikasi Kristiani Jakarta, Theophilus Bela.
Dalam rilisnya yang diterima Rakyat Merdeka Online (Rabu, 5/1), ia mencantumkan ada 47 gereja. "Yang saya maksud diganggu adalah gereja yang mengalami rintangan dari pihak pemerintah setempat atau warga sekitar," jelasnya.
"Semoga dalam tahun 2011 ini situasi kerukunan beragama di negeri kita tercinta ini semakin baik. Itulah doa kita semua," imbuh Theophilus Bela.
Sebelumnya, Jurubicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, kepada Rakyat Merdeka Online (Rabu, 29/12/2010) menyangkal anggapan ketidaktegasan pemerintah sebagai sumber persoalan dalam kerukunan umat beragama.
"Hendaknya kalau menyatakan penilaian terhadap pemerintah dan pemangku kepentingan dan terutama otoritas penegakan kemanan, disertai data-data yang konklusif. Jadi bukan asal ngomong dan bisa selesaikan solusi yang bisa dibicarakan semua. Hendaknya jangan saling lempar begitu saja terutama menyebut ketidak becusan pemerintah," ujar Julian saat itu.
Ditegaskannya, pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama, tidak mewakili kepentingan agama tertentu, dan kepentingan umat minoritas pun diwakili. Setiap timbul kasus, Presiden perintahkan yang punya otoritas untuk selesaikan kasus per kasus, apalagi yang sensitif menyangkut kebebasan beribadah.
"Penilaian sepihak itu naif dan tidak pada substansinya. Pemerintah itu tidak keliru, tidak tegas dan sebagainya. Lazimnya, setiap ada kasus presiden selalu instruksikan ke Kapolri, baru Kapolri turunkan pada jajaran di bawahnya," tegasnya.
Berikut adalah daftar rumah ibadah yang diganggu pada 2010, menurut catatan Forum Komunikasi Kristiani Jakarta.
1. Gereja HKBP Cinere, Depok, Jawa Barat
2. Gereja Katolik Santa Maria Purwakarta, Jawa Barat
3. Gereja Katolik Santo Johannes Baptista, Parung, Kabupaten Bogor, Jabar
4. Gereja HKBP Filadelfia, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat
5. Gereja Kristen Baptis Jakarta (GKBJ) Pos Sepatan,Tangerang, Banten
6. Gereja Pantekosta dibakar di Temanggung, Jawa Tengah
7. Gereja Kristen Pasundan (GKP), Ciranjang, Cianjur, Jawa Barat
8. Gereja Kristen Indonesia (GKI), Ciranjang, Cianjur, Jawa Barat
9. Gereja HKBP Ponsok Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat
10. Gereja HKBP Sibuhun, Sumatera Utara dibakar
11. Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Sibuhun, Sumut dibakar
12. Gereja City Blessing Karawaci, Tangerang, Banten
13. Gereja Kristen Sumatera Bagian Selatan (GKSBS) Lampung
14. Gereja Bethel Indonesia (GBI) "Kairos",Duren Sawit, Jakarta Timur
15. Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB) "Galilea", Galaxi, Kota Bekasi
16. Kapela Katolik Cirebon, Jawa Barat
17. Gereja Kristen Indonesia (GKI) Taman Yasmin, Bogor, Jawa Barat
18. Gereja HKBP Karawang, Jawa Barat
19. Gereja Katolik Stasi Santa Maria Immaculata, Kelideras, Jakarta Barat
20. Wisma Penabur, Cibereum, Cisarua, Bogor, Jawa Barat
21. Sekolah Katolik Santo Bellarminus, Jatibening, Bekasi, Jawa Barat
22. Gereja Kristen Jawa (GKJ)Sukoharjo, Kendal, Jawa Tengah
23. Gua Maria Rangkas Bitung, Banten
24. Gereja Pantekosta Naragong, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat
25. Gereja HKBP Binanga, Sumatera Utara
26. Gereja HKBP Asahan, Sumatera Utara
27. Wisma Semadi Klender, Jakarta Timur
28. Gereja Katolik Alleluya, Keuskupan Agung Samarinda, Kalimantan Timur
29. Rumah Pastor Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat
30. Kapel Katolik Santo Jusup, Pare, Delangu, Jawa Tengah
31. Gereja Kristen Jawa (GKJ) Gembyog, Ds Ngemplak, Sukoharjo, Solo,Jateng
32. Gereja Huria Kristen Indonesia (HKI), Lubuk Linggau, Sumatera Selatan
33. Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI), Cibitung, Bekasi, Jawa Barat
34. Gereja Rehobot Berea Raja Kemuliaan, Kec. Astananyar, Kota Bandung
35. Gereja Pantekosta Cibitung,Kabupaten Bekasi, Jawa Barat
36. Gereja HKBP Betania, Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
37. Gereja Kemah Injili Indonesia Jemaat Filadelfia, Rancaekek, Jabar
38. Gereja Gereja Kristen Indonesia (GKI) Rancaekek, Kab.Bandung, Jabar
39. Gereja Pantekosta Jemaat Immanuel, Rancaekek, Kab.Bandung, Jabar
40. Gereja Pantekosta Tabernakel Jemaat Maranatha, Rancaekek, Jabar
41. Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI), Rancaekek, Kab.Bandung, Jabar
42. Gereja Katolik Stasi Rancaekek, Paroki Santa Odilia Cicadas, Jabar
43. Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI), Serengan, Solo, Jawa Tengah, gereja ini terletak di Jalan Kedempel 14, Dawung Wetan, Serengan Solo ditembak dengan bedil sekita Sabtu malam tanggal 4 Desember atau Minggu tanggal 5 Desember 2010 dini hari (tidak ada korban jiwa)Gereja ini sudah berdiri ditempat itu 25 tahun lamanya .
44. Kapel Gereja Katolik Kristus Raja, Ds Blimbing, Gatak,Sukoharjo, Solo dilempari bom rakitan pada hari Selasa tanggal 7 Desember 2010 subuh pukul 05.45 WIB dan bom sudah meledak (tidak ada korban jiwa)
45. RS Katolik Brayat Minula, Banjarsari, Surakarta/Solo, Jawa Tengah dengan katapel orang melempari kaca Rumah Sakit tersebut dengan batu dan ini terjadi pada hari Rabu tanggal 8 Desember 2010 pukul 08.00 pagi hari dan jam 10.00 pagi itu akan ada acara peresmian gedung yang baru dari Rumah Sakit tersebut oleh Romo Kardinal Julius Darmoatmojo bersama Wali Kota Solo dan jam 07.00 pagi harinya pihak polisi sudah mengadakan pengamanan lokasi dengan penyisiran . Tapi ya memang naas yang terjadi . rumah Sakit Katolik ini telah berusia 25 tahun
46. Gua Maria Sriningsih, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah ditemukan bom rakitan akhir November 2010 yang lalu. Memang pada minggu-minggu menjelang hari Natal yang lalu sering terjadi gangguan keamanan di Solo dan sekitarnya antara lain ditemukan sebuah bom rakitan di dekat pos polisi di Pasar Kliwon Solo dekat Alun-Alun Utara Keraton Solo pada saat menjelang kegiatan Malem 1 Suro
47. Gereja Kristen GKSI Jemaat Bonepute, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan dibongkar paksa oleh Pemda setempat akhir bulan Desember 2010 yang lalu.[ald]

Kotbah Yesus Tentang Akhir Jaman Menurut Markus

KOTBAH YESUS TENTANG AKHIR ZAMAN
Markus 13 
Oleh Pdt. Muryo Djajadi
( Disampaikan dalam Pendalamam Alkitab di GKJW Bondowoso )



INFO MENGENAI FILE INI SILAHKAN LINK INI DI KLIK


I. PENGANTAR

Khotbah Yesus tentang akhir zaman sangat sulit dipahami oleh orang Modern. Alasan karma Alkitab dalam konteks Yahudi Pemikiran Markus dalam kerangka gagasan Yahudi. Kesulitan tentang ajaran kedatangan Yesus yang kedua kali praktis hanya ajaran tentang Iman Kristen saja. Tapi melalui ajaran ini kita akan menemukan ajaran yang abadi. Untuk melengkapi ajaran tentang Akhir zaman saya akan mengajak untuk melihat uraian dogmatis Kristen dan pandangan agama agama tentang akhir zaman. Agar kita semakin diperkaya terhadap ajaran Akhir zaman. Kita dapat menemukan relevansinya dalam kehidupan sebelum tiba akhir zaman.
II. URAIAN DOGMATIS TENTANG AKHIR ZAMAN 
1. Pandangan agama-agama 
Agama Islam mengajarkan tentang surga, yang akan mengakhiri perjalanan dunia ini. Orang mati sekarang ini masih berada dalam alam Barzakh sampai akhir zaman. Sesudah diadakan penghakiman terakhir para manusia dengan melalui Syirat al mustaqim menuju surga. Hanya orang berimanlah yang bisa melewati , sedangkan lainya terjatuh dalam jurang neraka yang ada dibawah jembatan
Agama Hindu dan Budha . Agama Hindu mengajarkan , bahwa orang yang mendapatkan kelepasan kembali kepada Brahman. Sedangkan Agama Buhda mengajarkan tentang Nirwana. Agama Hindu dan Budha mengajarkan adanya dunia manusia yang bermacam-macam yang saling ganti mengganti.. Zaman Krtayuga zaman yang dimulai 100 % baik dan berakhir 75 % baik dan 25 % jahat. Zaman treatyuga zaman yang dimulai 75 % baik dan 25 % jahat tetapi yang diakhiri 50 % baik dan 50 % jahat akhirnya zaman kaliyuga yang dimulai dari 25 % baik dan 75 % jahat . Akhirnya zaman kaliyugo yang dimulai dengan 25 % baik dan 75 % jahat tapi diakhiri dengan 100 % jahat. Pada akhir kaliyugo akan datang kalki yaitu penitisan Wisnu, yang akan memperbaharui dunia lagi.
2. Keadaan orang beriman setelah mati 
Alkitab tidak membuka rahasia secara terang-terangan . tapi keselamatan setelah mati itu nyata. Keselamatan itu diungkapkan Tuhan Yesus di Salib, sekarang ini kamu bersama aku berada dalam Firdaus. Bagi orang beriman mati sebelum kedatangan Kristus kedua kali, bukan mati begitu saja. Sebab orang mati bersama Kristus masih tetap hidup, hanya saja hidupnya dihubungkan dengan Kristus. Jadi setelah orang beriman mati ia masih berhubungan dengan Kristus( Roma 8 : 38 ) maka Kristus disebut Tuhan orang mati dan Hidup bukan hanya atas orang hidup saja ( Roma 14 : 9 ) jadi bersama dengan Kristus memiliki arti yang luas sekali . kebahagiaan bersama Kristus bukan hanya berlaku semasa Hidup tapi setelah mati ( Filipi 1 : 24 ) bahkan juga setelah Kristus datang kedua kali pada Akhir zaman ( 1 Tesalonika 4 : 17 , 5 : 10 ) Bagaimana Keadaan Orang yang mati Sebelum Percaya Kepada Kristus ? mereka akan dibangkitkan Kembali siapa yang percaya kepada kristus dia akan hidup kekal walaupun ia sudah mati. ( Yohanes 11 : 25 ) . Hidup setelah mati bukan hidup dalam tubuh yang dimuliakan. Sebab hidup didalam tubuh yang dimuliakan akan terjadi setelah Kristus datang kedua kali pada akhir zaman. Pengharapanya adalah Kristus yang mati telah hidup dengan tubuh yang dimuliakan, demikian juga kita.
3. Kedatangan Kristus kedua kali 
Apa beda kedatangan Kristus yang pertama dan kedua? Ketika Yesus datang dalam daging atau menjadi manusia masih banyak hal yang dirahasiakan, sehingga banyak orang yang tidak tahu siapa sebenarnya Dia. Tetapi kedatanganya yang kedua kali segala rahasia pada waktu itu akan terbuka. Dan akan disaksikan oleh orang di seluruh dunia. ( Mateus 24 : 27, 30 )
KedatangaNya yang kedua kali akan menghakimi orang yang hidup dan mati ( 2 Tim 4 : 1; 2 Kor 56 : 10 Kis Ras 10 : 42 ) disitu segala perbuatan manusia akan diungkapkan sebagaimana keadaan. ( 1 Kor 3 : 13; 4 : 5 ) Ketentuan yang dipakai untuk menghakimi orang yang beriman dan yang tidak ialah bagaimana sikap mereka terhadap diriNya. Sebab Ia ditetapkan menjadi hakim segala orang yang hidup dan yang mati. ( Kis 10 : 42 ; 2 Kor 5 : 10 ; Wahyu 6 : 16 ) Hidup didunia sekarang ini hidup yang penuh pertanggungan jawab. Sebab pada hari kedatangaNya kita harus mempertanggung jawabkan hubungan dengan sesama ( Mat 6 : 43,6,16 ) segala kata-kata yang diucapkan ( Mat 12 : 36 ) KedatanganNya yang kedua kali bukan tidak ada sangkut paut dengan hidup kita sekarang. KedatangaNya tidak diketahui saatnya. Sebab pada hari itu segala Rahasia akan diungkapkan. Yang baik akan kelihatan baiknya yang jahat semakin jelas kejahatanya. Tidak ada yang baik dianggap jahat dan tidak ada yang jahat dianggap baik Kuasa-kuasa gelap akan dilucuti senjatanya, dan akan dijadikan pertunjukan Demikian cara Kristus menewaskan dengan SalibNya ( kol 2 : 15 ) Hidup kekal akan ditunjukan seperti keadaan sebenarnya ( Yoh 11 : 25,26 )
Alkitab banyak menuliskan tentang gambaran kedatangan kedua kali. Turun dari Surga bersama Malaikat ( 1 Tes 3 : 13 ; 4 : 16 ; Mat 24:31) . Menghakimi musuh, memisahkan orang beriman dan tidak beriman ( Yes 66:2,15 ; Yer 10 : 25; Mzm 68 : 36; Yes 2 :11,17 ) Orang yang tidak kenal pada Tuhan Yesus akan dipisahkan dari wajahNya sedangkan orang yang kenal akan bersama-sama dengan Tuhan untuk selama-lamanya. ( 1 Tes 4 :17 ) Kedatanganya didalam awan ( Mrk 13 : 26) menyuruh malaikat Tuhan yang dibarengi dengan bencana alam besar sekali ( Mat 24 : 29-31; 2 Pet 3 ; Wahyu ) semua Nubuat tentang kedatangaNya tidak harus kita pahami secara harafiah melainkan nubuat itu hanya menunjukan kedatangaNya itu dalam kemuliaan. Karna Kristus datang pertama dalam kehinaan maka kedatangan kedua kali dalam kemuliaaNya, sehingga semua orang yang melihat terpesona dan memuliakan Tuhan Yesus.
4. Tanda-tanda kedatangan kristus ke dua kali 
Menurut Agama Islam Hari kiamat didahului dengan tanda-tanda bermacam-macam yaitu Iman yang makin mengurang, sehingga orang makin banyak buta agama, pendudukan tempat-tempat yang tinggi oleh orang-orang yang tidak layak, kemrosotan moral, dimana bilangan laki-laki lebih banyak dari wanita. 1:50 . perberontakan, perang, bala kelaparan, wabah penyakit, kedatangan dajal atau antikrist, yang akan menyesatkan manusia, dengan keanehan-keanehan. Kedatangan Nabi Isa yang akan membinasakan dajal dan menolong manusia yang sedang kacau dengan mematahkan salib dan menjalankan syariat nabi Muhamad lalu ada suatu waktu kebahagiaan dan kemakmuran , datanglah dabbah ( Binatang ) yang pandai bercakap-cakap dengan manusia, matahari terbit disebelah barat, pengrusakan ka’bah, lenyabnya Al Quran dari segala tulisan ( Al Quran lenyab tulisanya tinggal kertasnya dan tidak ada orang yang hafal Al Quran lagi ) segala penduduk dibumi murtad.
Alkitab juga kedatangan Kristus didahului dengan bermacam-macam tanda antara lain :
a. Akan datang Kristus palsu yang menyesatkan banyak orang ( Mat 24 : 5 )
b. Akan datang godaan besar, yang menjadikan banyak orang murtad, ada penganiayaan, saling benci-membenci, sehingga keluarga pecah belah, saling memukul, bunuh membunuh ( Mat 24 : 8-12; Markus 13 : 12 )
c. Akan datang bencana alam yang besar sekali ( Mat 24 : 30 )
d. Akan ada perang,dan kabar perang, bala kelaparan dan gempa bumi ( Mat 24 : 6,7 )
e. Di langit akan ada tanda anak manusia ( Mat 24 : 30 )
f. Akan banyak berpaling dari Iman, murtad ( 2 Tes 2 : 3 )
g. Datangnya manusia durhaka yaitu Anti Kristus ( 2 Tes 2:3-7 )
h. Injil kerajaan akan diberitakan keseluruh dunia ( Mat 24:14)
i. Kerajaan Seribu tahun ( Wahyu 20 )
j. Bangsa Yahudi akan bertobat ( Roma 11:2,28,29 )
Maksud peringatan kepada tanda-tanda agar orang beriman mengenal zamanya sendiri, mana yang menentang Kristus dan mana yang berpihak pada Kristus. Peringatan tersebut supaya para beriman bertahan hingga akhir hidup mereka sekalipun mereka ditempatkan ditengah-tengah godaan . Ungkapan “ Zaman akhir “ bukan bagian Zaman atau tahapan waktu yang dekat melalui akhir zaman. Mendahului hari kiamat, melainkan “ zama akhir” itu meliputi seluruh zaman yang telah dikuasai oleh Kristus. Orang beriman perlu mengenal Zamanya sendiri sebab Kristus datang tidak ada yang tahu
5. Anti Kristus
Salah satu Tanda kedatangan Kristus kedua kali adalah munculnya anti Kristus atau dajal . yang dimaksud Anti Kristus adalah orang-orang yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus dan menyangkal Allah Bapa dan Putra. ( 1 Yohanes 2 : 22 ) Anti Kristus bukanlah orang-orang tertentu, melainkan ajaran atau aliran yang diajarkan untuk menentang Kristus. Sikap anti juga memiliki cirri-ciri sikap kemanusiaan ( Wahyu 13: 18 ) angka bilangan anti Kristus 666. ada yang menyebutkan 666 adalah angka simbolis angka kesempurnaan manusia tanpa Allah sebab angka sempurna adalah 7 jadi manusia lebih menekankan kekuasaanuya tanpa Allah. Di Indonesia orang menafsirkan angka 666 adalah Hitler. Cara menghitungnya adalah dimulai dengan angka seratus : jadi A = 100, B, 101, C = 102 dst . Hasilnya HITLER : H=107, I = 108, T= 119, L= 111, E : 104 dan R ; 117 jumlah 666. Penafsiran demikian terlalu sewenang- wenang. Sekalipun harus diakui ada unsur kebenaranya. Bila dihubungkan dengan sipenafrsir.
6. Kebangkitan orang mati 
Pandangan Agama Isam pada hari kiamat matahari jatuh dari tempatnya, sehingga tidak bercahaya lagi sedangkan bintang-bintang bertebaran. Karna gempa bumi yang hebat gunung pecah seperti debu air laut membanjiri daratan kubur-kubur terbongkar. Semua manusia dalam keadaan takut. Setelah itu Malaikat Israfil meniupkan nafiri yang pertama kali yang menyebabkan semua makluk mati . empat puluh tahun lamanya dunia sepi sunyi. Tuhan menghidupkan kembali malaikan Israfil dan memerintahkan untuk meniupkan nafiri yang kedua kali karena tiufan nafiri semua makluk dihidupkan kembali.
Menurut Alkitab kedatangan Tuhan Yesus kedua kali dimaksudkan bagi keselamatan orang beriman. Orang beriman pada waktu itu akan dibangkitkan dan akan dimuliakan bersama-sama dengan orang yang masih hidup.
Dalam PL Kematian dipandang sebagai pemutusan memisahkan orang dari segala hubungannya. Manusia kembali pada debu ( Maz90 : 3) Orang mati dipandang turun dari kerajaan maut. Yang memasuki tempat maut ( Syeul ) bukan hanya orang jahat tapi juga orang beriman. Namun ada keselamatan baginya ( Kej 49:18) . Harapan akan adanya kebangkitan orang mati juga ada dalam PL . Mati bukan dipandang sebagai suatu nasib yang tidak dapat diatasi. Tuhan Allah yang hidup lebih berkuasa daripada maut. ( Yer 23 : 36 )
Dalam PB Keyakinan tentang kebangkitan orang mati makin jelas melalui karya Tuhan Yesus. ( Yoh 11 : 25 ) Yesus sendiri kebangkitan dan hidup. Pada hakekatnya kebangkitan dan hidup tampak pada diri Tuhan Yesus. Itu sebabnya orang beriman disebut dengan Kristus. ( Rom 6 : 8 ) Dengan kebangkitan orang mati Kristus telah mematahkan maut, mendatangkan hidup yang tidak dapat binasa. Jadi orang beriman pada akhir zaman akan dibangkitkan kepada hidup yang kekal, suatu kenyataan yang tidak dapat diragukan, sebab Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati.
7. Tubuh orang yang dibangkitkan 
Orang yang dibangkitkan dari antara orang mati akan menerima tubuh rohaniah, sebab itu disebutkan bahwa yang ditaburkan adalah tubuh alamiah, dan yang dibangkitkan tubuh rohaniah. ( 1 Kor 15 : 44 )
Apakah tubuh yang dimiliki orang beriman, jika dibangkitkan sama dengan tubuh halus. Tubuh yang fana akan diganti dengan yang tidak fana yang hina dijadikan mulia, yang lemah dijadikan kuat yang alamiah dijadikan rohaniah ( 1 Kor 15 : 42-44 ) Bagaimana hal ini akan terjadi tidak jelas hal ini merupakan harapan yang nyata. Para orang beriman akan menjadi serupa dengan gambaran anakNya. ( Rum 8 : 29 ) Yang akan dibangkitkan bukan hanya akunya sebagai manusia, juga bukan batinya, melainkan sebagai keseluruhan. Hal itu dikaitkan dengan pernyataan Tuhan Allah dalam Kristus . Justru dalam hidup orang beriman seutuhnya dinyatakan kekuatan kebangkitan Kristus.
8. Bumi baru 
Didalam langit dan bumi yang baru tidak akan diingat lagi hal-hal yang dahulu, bahkan semua tidak akan timbul lagi dalam hati. ( Yes 65 : 17, 66 : 22) yang dijadikan baru adalah dunia yang kita diami. Bagaimana cara dunia yang kita diami dijadikan dunia yang baru? Menurut 2 Petrus 3 ; 10-12 ) langit dan bumi akan dilenyapkan. Perpindahan dari zaman sekarang ke zaman yang akan datang bukan secara pelan-pelan seperti pergantian abad ke 19, 20 . sebab perpindahan itu akan melalui penghukuman. Dan penghukuman Tuhan tidak boleh dianggap entheng. Sebab kita tidak boleh lupa, bahwa dalam penghukuman itu akan dimulai dunia yang baru.
Pembaruan dunia akan dimulai bersama dengan dinyatakan kedudukan para orang beriman kepada Anak Allah. Kesempurnaan bumi dan langit baru bahwa Tuhan akan menjadikan semua didalam semua ( 1 Kor 15 28 ) semuanya akan menajdi seperti yang dikehendaki oleh Allah. Dalam dunia baru hubungan manusia dengan sesama, hubungan dengan Allah, hubungan denga alam, akan dinyatakan seperti yang dikehendaki Allah. Itulah damai sejahtera yang merupakan rahasia akhir zaman .
9. Hidup kekal 
Pada akhir zaman manusia beriman akan diperkenankan melihat Allah, bukan berarti zat Allah yang tidak dapat dilihat oleh mata, ketika hidup didunia ini. Tirai yang sekarang masih sering menutup wajah Allah yang penuh kasih karunia itu kelak akan diungkapkan . ( Ef 2 : 18 , 1 Pet 3 : 18 ) Siapa yang dikenan melihat wajah Allah ialah mereka yang mengenal Allah, pada zaman sekarang. Mengenal Tuhan dalam percaya dan menerima Tuhan Allah bukan hanya dengan akal, melainkan seluruh eksistensi dengan hati dan pengalaman. Segala karunia pada akhir zaman dihubungkan dengan karunia yang diberikan pada zaman sekarang. Daya akhir zaman telah dirasakan pada zaman sekarang. Oleh karma itu melihat wajah Allah bukan asing bagi orang beriman. Yang pokok adalah hati, yaitu hati yang suci yang akan menjadikan kita meliha Allah dalam keadaan yang sebenarnya.
Bagaiman keadaan melihat Allah pada Akhir zaman ? tidak dapat mengerti dengan cara yang sempurna. Sebab Alkitab tidak memberitahukan tentang hal itu. Kelak ketika kita diperkenankan melihat sendiri akan menjadi jelas. Lebih dari itu kita tidak akan dapat mengungkapkanya. Demikian hidup kelal yang dicadangkan sebagai warisan orang yang beriman.
III. KHOTBAH YESUS TENTANG AKHIR ZAMAN MENURUT MARKUS

1. Hari Tuhan 
Pertama kita harus melihat latar belakang orang Yahudi . bahwa orang Yahudi tidak pernah ragu bahwa mereka adalah umat pilihan Allah. suatu hari kelak mereka akan menduduki tempat yang pantas dan akan dimiliki selamanya. Mereka yakin bahwa Akhirnya Allah sendiri yang langsung campur tangan dalam sejarah. Hari dimana Allah campur tangan disebut hari Tuhan . sebelum datangnya hari Tuhan akan terjadi masa sulit. Dunia akan digoncang sampai kedasar-dasarnya. Dan penghakiman akan terjadi. Namun peristiwa itu akan disusul dengan dunia baru, zaman baru, dan kemuliaan baru. Gagasan Dunia baru merupakan produk optimisme karna Allah campur tangan dan Pesimisme yang didasarkan bahwa dunia ini jahat harus dihancurkan dan dunia baru harus diciptakan. Kita lihat dalam PL ( Amos 5 : 16-20 , Yesaya 13 6 : 16 , Yoel 2,3 ) Hari Tuhan akan datang tiba-tiba , mengerikan dan memusnahkan, dunia akan hancur alam akan dijungkir balikan, Sang hakim akan datang. Gagasan hari Tuhan untuk menggambarkan apa yang tidak dapat digambarkan dan untuk mengatakan apa yang tidak dapat dikatakan. Yesus mengambil bahasa gambaran itu. Yesus tahu sebagaimana mereka tahu, bahwa semua itu hanyalah gambaran sebab tidak ada seorangpun yang benar-benar dapat mengatakan apa yang akan terjadi bila Allah sendiri turun tangan.
2. Malapetaka suatu kota 
Nubuat Yesus terhadap kehancuran kota Yerusalem, Bangunan Bait suci telah dibangun oleh Herodes dan pembangunan dimulai sejak tahun 20 s/d 19 sebelum masehi. Pada masa Yesus bangunan itu belum selesei. Bangunan tersebut diatas bukit MURYA. Bangunan itu sangat mempesona karma dilapisi dengan lempengan emas , pada pagi hari sangat berkemilau. Dan tidak semua orang dapat memandangnya pada pagi hari. Semua kemegahan itu sangat mengesankan bagi murid-murid Yesus. Bait suci itu merupakan puncak seni dan prestasi manusia yang tampaknya begitu besar dan kokoh sehingga menimbulkan kesan bahwa bangunan itu akan berdiri selamanya. Namun Yesus bernubuat lain akan tiba waktunya tak ada satupun batu yang bertahan. Kurang dari lima puluh tahun kemudian bait suci itu hancur. Sudah terjadi.
3. Derita sebuah Kota 
Yesus menubuatkan kengerian pengepungan dan kejatuhan kota. Ia memberikan peringatan jika tanda-tanda kehancuran itu datang orang harus melarikan diri bahkan jangan kembali unutk mengambil pakaian dan barang-barang mereka. Pada kenyataan melaukan sebaliknya. Sehingga kematian menimpa mereka. Yesus mengatakan pembinaasaan keji, apa yang dimaksudkan orang pada waktu itu tidak hanya mengharapkan datangnya mesias tapi juga munculnya suatu kuasa penjilmaan sijahat yang akan mengumpulkan kekuatan meawan Allah. ( 2 Tes 2 : 3, Wahyu 17 ) pad tahu 70 m Yesrusaelm akhirnya hancur membuat kota menjadi kelaparan. Yesefus menceritakan ada 97.000 orang ditawan dan 1.100.00 binasa karma kelaparan . bagaimana menguburkan orang, keadaan semakin runyam banyak orang yang mencuri mayat. Nubuat Yesus ini sudah terjadi hamper sepenuhnya. Yang selamat hanyalah orang yang mau menuruti nasehal lari ke bukit-bukit.
4. Jalan yang sulit 
Kini Yesus memberikan peringatan mengenai penganiayaan yang akan datang Yesus tidak pernah membiarkan pengikutnya tidak tahu bahwa mereka memilih jalan yang sulit. Orang yang diserahkan kepada majelis agama dan dipukul di rumah-rumah ibadat, merujuk cara penghukuman cara Yahudi , Sanhedrin yakni Mahkamah Agung Yahudi.
Fakta menunjukan orang Kristen merasakan kekuatan yang luar biasa ketika diperhadapakan dengan pengadilan . orang Kristen membuat kawanan kecil yang takut akan Allah dan tidak takut pada manusia. Orang seisi rumah terkadang menjadi pengkhianat. Ada orang-orang yang karna berusaha menyenangkan hati para penguasa, tega mengkhianati sanak saudara dan keluarga sendiri. Ini merupakan pukulan yang paling berat. Permusuhan didalam keluarga sendiri merupaka satu hal yang selalu ada dalam daftar mengenai kekejaman hari-hari akhir. Sahabat tiba-tiba saling menyerang, mereka saling membenci dan menghasut untuk saling berkelehi dan mereka akan saling melawan, anak-anak akan memalukan orangtuanya, dan orang tua akan bangkit melawan anak-anaknya. Anak laki-laki akan menghina ayahnya, anak perempuan bangkit melawan ibunya,menantu perempuan melawan ibu mertuanya, musuh orang ialah seisi rumahnya.
Kehidupan akan menjadi neraka diatas bumi bila mana kesetiaan pribadi hancur, bila sudah tidak ada kasih. Benar bahwa orang-orang Kristen akan dibenci, banyak difitnah yang paling serius adalah orang Kristen Kanibal ( Perjamuan Kudus )
Dunia sekarang keadaan orang Kristen di Indonesia secara umum juga mengalami hal yang jauh lebih sulit . Tetapi kita harus ingat orang yang selamat adalah orang yang bertahan sampai akhir. Kehidupan ini tidak pernah aman sebelum mencapai titk akhir. Ada orang melihat bahwa dipintu gerbang surga ada jalan menuju neraka. Orang yang bertahan sampai pada kesudahanya akan selamat.
5. Bahaya hari-hari terakhir 
Yesus sangat sadar bahwa, sebelum tiba hari-hari akhir para penyesat akan tampil. Alasan bidat itu muncul :
a. Usaha membangun doktrin sesuai dengan keinginanya dirisendiri. Sebab akal manusia memiliki kapasitas keinginan yang tak terbatas. Salah satu cara yang paling umum adalah, dengan mengotakatik kebenaran Kristen agar sesuai dengan keinginan
b. Terlalu membberikan penekanan pada satu kebenaran saja. Misalnya memberikan penekanan pada sifat Allah. Yaitu tentang kekudusan Allah sehingga kita tidak akan pernah akrap denganya , maka dilakukan dengan cara Askese, menekankan Pencurahan Roh kudus, Babtis ulang. Jika menekankan Keadilan Allah kita tidak akan merasa bebas dari takut akan Allah dan tidak merasa memperoleh pertolongan dari agama kita.
c. Untuk menciptakan agama yang sesuai dengan keinginan orang. Yakni agama yang popular dan menarik. Agama harus diperlunak, ketegasan, hukuman, tuntutan moral harus disingkirkan dari agama. Tugas kita bukan untuk mengubah kekristenan tetapi mengubah manusia supaya sesuai dengan kekristenan.
d. Ingin berpisah dari persekutuan Gereja. Bila seseorang berpikir sendiri ia menempuh resiko besar untuk berpikir sesat.
e. Menjadikan semuanya serba masuk akal. Sembuh, berkat, hanya melalui doa, dll. GK Chesterson mengatakan : hanya orang bodohlah memasukan surga sepenuhnya dalam kepala dan wajar saja kepala akan meledak. Orang yang bijak belajar memasukan kepala kedalam surga. Pad puncak kecerdasan kita sekalipun kita harus ingat bahwa ada tempat bagi misteri terakhir yang hanya dapat kita sembah,kita kagumi dan kita mulyakan.
6. KedatangaNya kembali 
a. Kedatanganya kembali didahului dengan masa peperangan. Ada beberapa bagian. Bagian pertama ada permulaan keghemparan, bagian kedua ada pembunuhan terhadap orang – orang besar, ketiaga akan ada banyak orang mati , keempat ada banyak pedang, kelima aakan ada kelaparan dan musim kemarau, keenam akan ada gempa bumi dan terror, kedelapanakan ada serangan hantu dan roh.-roh jahat, kesembilan api akan jatuh dari langit, kesepuluh akan ada banyak penindasan, kesebelas akan ada kekejian dan kenajisan, kedua belas, akan ada kekacauan sebagai akibat dari terjadinya semua yang sudah dikatakan. Dan akan terjadi siapapun yang selamat dari peperangan, akan mati karma gempa bumi, siapa yang selamat dari gempa bumi akan mati terbakar api dan siapa yang selamat dari api akan mati karena kelaparan.
b. Hari Tuhan akan didahului oleh gelapnya matahari dan bulan. Tiba-tiba matahari bersinar pada malam hari, dan bulan pada siang hari. Tanduk matahari akan dipatahkan dan akan dirubah menjadi kegelapan, dan bulan tidak akan memancarkan sinarnya dan seluruhnya akan dirubah menjadi darah, dan peredaran bintang akan dikacaukan.
c. Orang – orang yahudi akan dikumpulkan kembali di palestina dari tempat penjuru dunia.
Paparan Tuhan Yesus menurut Markus tidak memaparkan peta kehidupan kekal atau jadwal tentang masa depan.Dia hanya menggunakan gambaran yang dikenal oleh orang Yahudi. Satu hal yang harus kita ingat adalah kenyataan bahwa Yesus memang menubuatkan tentang kedatanganNya kembali cara penggambaranya bisa saja kita abaikan.
7. Berjaga-jagalah
Orang Kristen hendaknya siap sampai akhir zaman. Markus memberikan wejangan tentang apokaliptik Yesus. Akhir zaman sudah datang karma adanya tanda-tanda peperangan, gempa bumi, penganiayaan. Dalam saat ketegangan itulah roh Allah melindungi dan ada bersama-sama sampai akhir.penderitaan akan dipersingkat demi mereka yang telah Ia pilih ( 20 ) yang ditandai dengan melihat anak manusia datang dengan awan dengan segala kemuliaanNya. Markus ingin menyiongkirkan terhadap hitungan tak berguna mengenai akhir dunia supaya hidup dengan semangat dimasa kini dan selalu siap.
KedatanganNya memberikan penghiburan. Ada sinar penghiburan yang mengalahkan kegelapan. Penghiburan itu melalui anak manusia yang mulia datang diawan mengumpulkan orang-orang yang setia dari seluruh penjuru dunia. Penghiburan ini agar kita lebih siap tanggung jawab menjadi sinar penghiburan bagi mereka yang belum mengalami isi pengharapan.
Kita tidak tahu kapan, tetapi itu dekat maka berjaga-jagalah. Pesan yang menggembirakan bagi yang setia adalah “ Akhir zaman sudah mendekat dan akan segera terjadi. Apokaliptik ini diakhir dengan tantangan Ia meminta supaya bertahan dalam Iman karma tugas kita menjadi rasul –rasul yang siap sedia saat ini karma anak menusia mempercayakan ketangan kita sampai kembalinya dalam kemuliaan.


Belajar Menjelajah isi Alkitab jilid 4

BELAJAR
MENJELAJAH ISI ALKITAB 

Oleh Pdt. Muryo Djajadi

V. MENDALAMI BERITA ALKITAB SECARA PRAKTIS
          Cara sederhana memahami isi Alkitab , pertama harus meletakan dasar pemikiran bahwa para penulis Alkitab di ilhami oleh Roh Kudus dan firman Tuhan itu baik untuk mengajar, menegur, menyatakan kesalahan, ( II Timotius 3 : 15 – 16 ) Kedua menangkap pengertian Injil ( Berita sukacita, kabar baik ) ( Lukas 2 : 10 ) “ Jangan Takut , sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu Kesukaan yang besar untuk seluruh bangsa” . Ketiga adalah mengetahui secara umum berita yang tertulis dalam masing-masing Alkitab
Berangkat dari pemahaman bahwa Alkitab merupakan Berita sukacita. Maka kita harus menangkap sebuah berita dalam Perikup. Dalam satu perikup tidak hanya memuat satu berita tetapi sangat kaya akan berita, masing-masing orang berbeda-beda menangkap berita. Semua orang bisa menafsirkan pokok berita, tetapi cara menafsirkan harus punya landasan yang mendukung berita yang ditangkap.
Pertama-tama kita menginventarisir pokok-pokok berita yang bisa ditangkap, dari sekian banyak berita yang kita tangkap kemudian kita ambil salah satu berita yang sangat mendukung berita berita yang kita tangkap dalam sebuah perikup. Apakah berita itu bermanfaat untuk mengajar, menyatakan kesalahan, menegur, Carilah makna dan pesan dari tangkapan berita itu. Dalam kehidupan sehari-hari. Jika mau dipakai untuk bahan kotbah harus kita tangkap dulu berita Utamanya apa. Kemudian diuraikan menjurus pada berita utama.
Allah ingin berbicara kepada kita melalui Alkitab. Kita tidak memerlukan keahlian khusus atau peralatan canggih untuk mendengarkan Firman Tuhan . yang diperlukan hanyalah rajin membaca Alkitab dengan keterbukaan hati agar apa yang kita lakukan dapat berjalan sesuai dengan kehendak Allah. Membaca Alkitab yang kita peroleh adalah membawa perubahan hidup dimana dalam Alkitab memperlihatkan kepada kita jalan baru menuju ke kehidupan. Mendapatkan petunjuk dan dorongan. Sewaktu membaca Alkitab banyak kita temukan orang yang mengalami keadaan dan pergumulan yang sama dengan kita. Dengan memperhatikan hal-hal yang diperbuat oleh Allah terhadap mereka, kita mendapatkan petunjuk tentang apa yang akan diperbuat oleh Allah terhadap kita. Melalui pembacan Alkitab, kita dapat mengenal Allah, kitab-kitab tersebut akan membawa kita bertatap muka dengan Allah. Dari kata –kata firman Tuhan dapat dipakai Tuhan berbicara kepada kita.
Maka perlulah kita memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

1. Memohon pertolongan Tuhan 
Sebagai orang Kristen kita perlu selalu berdoa sebelum membaca Alkitab Hal tersebut untuk memohon pertolongan Roh Kudus agar kita mengerti apa yang kita baca dan dapat melaksanakan dalam hidup; Sederhana saja doanya. “ Tuhan tolong saya agar dapat mengerti FirmanMu yang saya abaca hari ini dan dapat melakukan. “

2. Sediakan waktu
Banyak bagian Alkitab merupakan cerita pendek kadang-kadang membaca dan memahami cukup 5 menit. Tapi ada yang panjang berapa banyaknya yang penting berusaha untuk membaca seluruh bagian dengan lengkap dan cermat. Bila orang Kristen mempercayai Alkitab dapat menunjukan kebenaran Allah, maka selayaknya kita perlu meluangkan waktu untuk membaca.

3. Mintalah pertolongan orang lain 
Orang Kristen adalah keluarga Allah , karna itu carilah orang yang dapat kita ajak berbicara tentang Alkitab

4. Melihat berita Alkitab dalam konteksnya 
Ayat-ayat Alkitab umumnya tidak berdiri sendiri, tapi merupakan bagian dari suatu cerita. Ini berarti arti dari suatu ayat akan dipengaruhi atau ditentukan oleh ayat-ayat yang berada sebelum dan sesudahnya. Kalau kita minta petunjuk Tuhan dengan cara membuka Alkitab sembarangan kemudian membaca dan berusaha mengartikan hal tersebut merupakan cara yang tidak baik . Misalnya memahami Perikub Injil,surat-surat dan Wahyu. Harus paham latar belakangnya dulu.
Memahami Perjanjian Lama
1. Memahami hukum Taurat
Lima kitab Musa disamping sebagai hukum juga berisi sebagai sejarah yang diberikan kepada Israel pada waktu itu. Untuk mengatur kehidupan mereka. Didalamnya termasuk peraturan-peraturan tentang Ibadah, persengketaan-persengketaan, penanggulangan kejahatan, hidup dalam masyarakat dan hidup dalam keluarga. Sebagain dari hukum-hukum itu adalah hukum yang universal yang juga diulangi dalam perjanjian baru. Kesepuluh Firman. Sebagai contoh Ulangan 22 : 8 Tujuan hukum ini adalah untuk menjamin keselamatan orang lain, sehingga kita tidak harus bertanggung jawab atas kematian orang lain. Ini memperlihatkan kepada kita bahwa Allah memperhatikan keselamatan dan kesejahteraan umat manusia. Jadi kitapun harus begitu.
2. Memahami sejarah
Tujuh belas kitab yang pertama perjanjian lama ( Kejadian- Ester ) berisi sejarah dan kehidupan bangsa Israel. Umumnya para penulis sejarah bangsa-bangsa lain hanya menekankan yang baik saja. Tetapi sejarah Israel menulis secara lengkap keberhasilan maupun keberhasilan .Mereka menceritakan bila bangsa Israel taat dan beribadah kepada Allah, mereka menjadi bangsa yang makmur, sebaliknya bila bangsa itu melupakan Allah dan meninggalkanya hidup mereka menderita. Contoh 2 Tawarikh 15 : 1 – 16 : 4 , 2 Raja-raja 17 : 1-12.
3. Memahami Syair
Ada dua syair yang terkenal dalam Alkitab yaitu Ayub dan Kidung Agung. Meskipun bukan seperti syair secara umum kitab itu ditulis dengan gaya syair masa itu. Kitab Ayub menceritakan seorang yang mengalami penderitaan yang sangat tetapi tetap percaya kepada Allah. Sedangkan Kidung agung berisi syair tentang perkawinan atau cinta. Seperti syair modern syair itu bisa indah untuk didengar , tetapi kadang-kadang sulit untuk dimengerti.
4. Memahami Mazmur
Mazmur bagi orang yahudi seperti lagu-lagu kebangsaan masa kini. Semuanya menggambarkan pikiran dan perasaan manusia terhadap Allah . Salah satu cara memahami Mazmur adalah dengan ikut merasakan perasaan yang digambarkan oleh pemazmur. Bahagia, memuji Allah atau tertekan. Contoh Mazmur 51 Merupakan Doa pribadi atau pengakuan dosa terhadap Allah. Pemazmur disini sangat berduka karma telah mengecewakan Allahnya.
5. Memahami Kitab Hikmat
Kitab Amsal dan pengkhotbah disebut sebagai kitab Hikmat. Kitab Amsal menghimpun apa-apa yang akan dilakukan oleh orang bijak dalam menghadapi situasi tertentu. Banyak tema-tema yang dapat kita trapkan dalam kehidupan masa kini. Seperti persahabatan, pekerjaan, kehidupan keluarga, tanggung jawab untuk menolong orang lain. Kitab Pengkhotbah berisi pemikiran para ahli Filsafat yang menggabarkan keadaan hidup ini yang tampak begitu pendek dan sia-sia. Ungkapan yang digunakan biasanya bernada putus asa. Sebenarnya kitab ini membesarkan hati dengan memperlihatkan bahwa Allah tidak menolak kita, meskipun kita sering mengalami keragu-raguan kebingungan dan rasa putus asa. Perasaan-perasaan yang seperti itu ternyata dapat menjadi sarana untuk mengenal Allah dengan lebih baik.
6. Memahami kitab Para Nabi

Nabi adalah seorang yang menerima dan menyampaikan firman Allah . Ketujuh belas nabi mulai Yesaya s/d Maleakhi , Bukan berarti apa yang ditulis dalam kitab para nabi baru ada sesudah akhir sejarah. Keduanya berjalan berdampingan . Allah berbicara melalui para nabi yang berbuat tentang berbagai segi kehidupan bangsa Israel . Penindasan, dosa, kemakmuran, hukuman, pertobatan.
Yohanes 1 : 1 – 18
Firman adalah permulaan segala sesuatu, pikiran Yohanes kembali pada ayat pertama dari Kejadian 1 : 1 Yohanes mau mengatakan bahwa firam itu bukan salah satu dari bagian benda-benda yang diciptakan. Firman itu bagian dari kekalan dan sudah ada bersama dengan Allah sebelum waktu dan dunia ada. Atau Pra – Exsistensi Kristus. Artinya Allah itu merupakan dari kerangkahal-hal yang abadi. Maka itu berarti Allah selalu sama dengan Kristus.
Firman itu ada bersama dengan Allah. Artinya selalu ada hubungan dekat antara fiorman dengan Allah antara Yesus dengan Allah. Tidak ada orang lain yang intim dengan Allah Kecuali Yesus yang dapat memberitahukan kita tentang Allah kehendak,hati dan pikiran Allah.
Firman itu adalah Allah. Perkataan agak sulit . arti Firman itu adalah Allah : Yesus sempurna seperti Allah.dalam pikiran hati dan keberadaan sehingga dalam Dia kita dapat melihat rupa Allah yang sempurna.
Segala sesuatu dijadikan oleh Dia.

MENGENAL INJIL MARKUS
Mengapa injil Markus menjadi pilihan pembelajaran. Injil Markus merupakan kunci dari Injil-injil lain. Memahami injil Markus secara tuntas akan bisa memahami injil synopsis yang lain. Injil Markus adalah injil tertua.
Para pakar perjanjian baru secara umum menerima bahwa injil Markus adalah injil pertama yang ditulis dan bahwa Markus digunakan sebagai sumber oleh Matius dan Lukas, ( Injil Yohanes rupanya berkembang dari tradisi yang tidak mengetahui dari Injil lain ) Tujuan Allah mengilhamkan keempat injil bukan untuk menyimpan fakta melainkan untuk memenuhi kebutuhan umat dalam Jemaat Kristen pada abad pertama yang baru saja terbentuk. Allah memilih beberapa orang untuk mewartakan kabar gembira tentang Yesus dengan cara sedemikian sehingga kebutuhan rohani gereja perdana dapat terpenuhi.
Umat Kristen masa kini juga membutuhkan kebutuhan rohani dan Iman mereka dapat dimengertikan oleh empat Injil . Ketika Orang kristen memilih berjumpa dengan Yesus menurut Markus. Mereka menemukan Yesus yang paling sederhana dan menantang. Mereka menemukan mengenai kehidupan Yesus berpusat pada kematian dan makna SengsaraNya. Ketika kita membuka diri dan terlibat dalam Yesus kita menyadari bahwa kita diundang untuk menemukan makna hidup dan kematian Yesus yaitu dengan percaya kepada Allah dan dengan pengabdian penuh kasih terhadap kebutuhan orang lain.
Pandangan sekilas mengenai injil Markus.
Ketika kita membaca Markus akan dilibatkan dalam misteri mengenai siapa Yesus dan apa artinya menjadi pengikutNya. . Tahap pertama Bab 1 – 8 pembaca dibawa kedalam hubungan dengan penyembuhan dan pengkhotbah yang penuh kuasa dan tidak ada seorangpun yang dapat memahami jati diri Yesus bahkan juga para murid-muridnya. Dalam klimaknya pada bagian pertama kita diajak belajar bahwa jalan Kristus adalah jalan orang-orang Kristen.
Tahab kedua Bab 9 – 15 . mengiring pembaca untuk menemukan makna Kongkrit menjadi Kristen sejati. Yesus mati demi umatnya. Akan tetapi kematian Yesus bukan titik akhir
Tahab ketiga 16 : 6-7 dengan pewartaan tentang kebangkitan Yesus dan tetang mendahului murid-murid ke Galelea. Pada akhir Injil Markus ( 16 : 8 ) Markus menantang para pembacanya untuk menjawab Yesus dalam hidup mereka dengan Iman dan tidak dengan gemetar dan kekaguman dan tahab terakhir dilanjutkan dalam kehidupan Gereja sampai Kristus yang bangkit datang lagi.
Ciri-ciri dan tema Injil Markus
1. Kemanusiaan Yesus
Yesus digambarkan sebagai Tuhan yang sangat manusiawi Susah,sedih,marah ( 1:25; 3:5; 10:14 ) melalui Markus kita dapat merasakan bahwa Yesus mengalami kehidupan seperti kehidupan kita derngan segala kekecewaan dan kebangganya. Kegembiraan dan kesedihanya.
2. Kepercayaan sebagai inti menjadi murid Yesus
Tanda paling benar sebagai murid Yesus adalah percaya. Ia menantang untuk percaya secara radikal kepada Tuhan yang bangkit dengan cara yang sangat propokatif dengan melukiskan murid yang pertama sebagai orang yang keras kepala bahkan buta. Angkatan yang jahat. Yesus bisa menyebuhkan orang buta melihat tetapi tidak dapat membuka hati para murid-murid yang paling akrap denganNYa. Penulis Markus berharap bahwa pembaca akan melihat secara lebih baik daripada murid yang pertama. Yesus berharap bahwa kita akan percaya kepada Yesus Tidak sebagai Mesias yang akan menyembuhkan segalanya. Melainkan sebagai seorang yang kematianya memberikan makna kepada kehidupan dan penderitaan yang mereka alami.
3. Pelayanan terhadap orang lain sebagai jalan biasa untuk mengambil cawan dan Salib.
Dalam kehidupan keseharian yang kongkrit. Cawan dan Salib mempunyai bentuk sebagai Hamba dari semua dan melayani orang lain dari pada dilayani. Kita harus memanfaatkan setiap kesempatan untuk melayani orang lain dalam kasih bila menjadi pengikutNya. Di Taman getsemane dalam sekaratNya hati manusiawi Yesus sangat takut dan gentar ( 14 : 33) Seorang menantang muridNya hanya untuk mempercaya kepada Allah saja hamper putus asa namun ketika para muridnya tertidur Yesus melanjutkan doanya. Artinya percayalah sebagaimana Ia percaya, meskipun Ia tidak dipercaya. Percayalah kepada Dia dalam melayani kebutuhan saudara-saudara bahkan kematian.

Markus 8 : 11-13 / Lukas 11: 29-32/ Mateus 12 : 38-42
Menginginkan Tanda 
Adegan ini masih ada kaitanya Yesus bersama muridnya, ketidak mengertian terhadap diri Yesus , untuk mencoba memahami siapakah Yesus sesungguhnya ( 8 : 14-21 ) Adanya sebuah ketegangan hubungan antara Yesus dengan orang Farisi ini dengan penuh Emosi dan ketegangan Dalam Versi Mateus ( Mateus 12-38-42) Yesus memberikan jawaban yang jelas dan meyakinkan permintaan orang Farisi akan sebuah tanda . mereka akan diberi tanda dari “ tanda Yunus “ yang melambangkan Yesus selama tiga hari dalam makam sebelum kebangkitanya. Disini dalam Markus Yesus hanya “ mengeluh didalam hati “ ( ayat 12 ) Ia meninggalkan mereka tanpa memenuhi keinginan . Dengan cara ini Markus menggambarkan Yesus begitu manusiawi., bahwa kita dapat menemukan dalam dirinya rasa Frustasi dengan para pemimpin Agama pada ZamanNya. Yesus menurut Markus sama seperti manusia biasa bahkan dalam konflik yang penuh dengan Frustasi dengan para pemimpin agama yang tak percaya pada Zaman mereka.
Kecenderungan semua orang pada masa hidup Yesus adalah mencari Allah dalam hal-hal yang tidak wajar. Orang Yahudi bahwa bila Mesias datang maka hal-hal yang mengejutkan akan terjadi. Apa tanda-tanda yang diharapkan itu? Saat ini kita dapat mencatat bahwa ketika Mesias-Mesias muncul dan itu sering terjadi mereka memikat orang untuk mengikuti mereka dengan menjanjikan tanda-tanda yang mengherankan. Sebagai contoh : Mereka berjanji bahwa mereka dapat membelah air sungai Yordan menjadi dua dan membuat jalan diantaranya. Mereka mengatakan bahwa dengan satu kata saja mereka dapat merobohkan tembok-tembok kota.
Tanda semacam itulah yang diminta orang Farisi, mereka ingin melihat suatu peristiwa yang menghebohkan yang menentang hukum-hukum alam dan membuat orang terheran-heran. Bagi Yesus tuntutan semacam itu bukan disebabkan oleh kerinduan untuk melihat perbuatan tangan Allah. Sebaliknya tuntutan itu justru menunjukan fakta bahwa mereka sebetulnya buta terhadap perbuatan tangan Allah.
Bagi Yesus dunia ini penuh dengan tanda perbuatan Allah, gandum diladang, ragi dalam roti, bunga di lereng gunung semuanya berbicara tentang Allah . Ia tidak berfikir bahwa Allah harus masuk mendobrak diluar dunia . Ia tahu bahwa Allah sudah ada dalam dunia ini ini nyata bagi setiap orang mempunyai mata untuk melihat dan hati untuk memahami, keajaiban malam dan Siang serta kesemarakan hal-hal biasa yang semuanya terjadi setiap hari adalah tanda dari Allah yang cukup Jelas.
Lukas .Menyodorkan tentang tanda dari otoritas Spiritual Yesus. Ia sendiri adalah tanda Ia membandingkan dengan Yunus karna kedatangan Yunus di Niniwe menimbulkan pertobatan . Yesus mempunyai kesan keselamatan jika orang mau memperhatikanya. Ratu Selatan Orang bisa menafsirkan Nyi Roro kidul dalam konsep Jawa. Tapi dalam konteks Alkitab menunjuk Ratu Syeba. Yang menyatakan ketenaranya kebijakan dan kekayaan Salomo ( 1 Raja-raja 10 : 1-13 ) Pada hari penghakiman bangsa-bangsa kafir seperti penduduk Tirus dan Sidon ( Luk 10 : 13-14 ) akan diakui lebih terbuka terhadap kehendak Allah dari pada bangsa-bangsa pilihan .

Belajar Menjelajah isi Alkitab jilid 3

BELAJAR
MENJELAJAH ISI ALKITAB 

Oleh Pdt. Muryo Djajadi


IV. MEMPELAJARI ALKITAB PERJANJIAN BARU

            Rentang waktu antara perjanjian Lama dan Perjanjian Baru adalah sekitar 400 tahun . selama itu bangsa Israel yang dibangun kembali bangsa Israel berada dibawah pemerintahan Persia, Yunani dan Romawi. Sampai pada Kelahiran Yesus Israel merupakan sebuah Negara Jajahan . Sebagai bagian dari kekaisaran Roma yang kuat, dimana-mana ada tentara pendudukan pada masa itu. Yang diangkat menjadi raja adalah Herodes. Ia sangat ditakuti dan dibenci oleh Rakyat. Dalam keadaan seperti itu , orang-orang melihat kembali ke perjanjian lama. Disana mereka menemukan Nubuat akan kedatangan Sang Mesias, yang akan membebaskan bangsa Israel. Mereka berharap akan terjadi pada saat itu juga, dikala mereka sedang dalam penjajahan. Keadaan yang seperti itulah Ketika Yesus datang ke dunia.
Alkitab Perjanjian Baru dibagi menjadi beberapa bagian, Bagian Pertama adalah Injil ( Mateus, Markus, Lukas, Yohanes) Bagian Kedua Cerita Para Rasul ( Kisah Rasul ) Bagian Ketiga Surat-surat surat Umum dan surat khusus . Surat umum ditujukan kepada Jemaat dan surat khusus ditujukan kepada perorangan atau surat Penggembalaan ( Pastoral ) Bagian keempat adalah pertumbuhan Gereja.

1. Memahami kitab Injil , Yaitu Mateus,Markus,Lukas,Yohanes. Para penulis Injil melihat kehidupan Yesus dari sudut pandang masing-masing. Contoh Injil Lukas dan Kisah Rasul menyatakan, tujuan penulisan adalah untuk melihat semua kisah dan catatan mengenai Yesus secara saksama. (Lukas1:1- 4 ) Dia mewawancarai orang yang mengenal Yesus secara Pribadi dan kemudian mencatat dengan teliti apa-apa yang dikatakan dan dilakukan oleh Yesus. Lukas dapat bekerja secara sistematis; dia adalah seorang dokter yang terlatih dan salah seorang pemimpin jemaat pada masa Perjanjian Baru. Kalau anda membaca injil yang ditulis Lukas , kita dapat melihat Yesus dalam pandangan seorang yang sejarahawan, seorang yang disamping ingin mencatat fakta-fakta , juga membantu orang untuk percaya kepada Yesus. Satu hal yang penting yang perlu dipertanyakan dalam setiap pembacaan injil adalah :
Pengajaran apa atau teladan apa yang diberikan oleh Yesus ? Banyak pengajaran Yesus yang menggunakan perumpamaan dan mujizat, perkataan perbuatan dan Tanya jawab untuk menyampaikan pemberitaan. Kitab Injil secara ringkas dibagi menjadi bagian-bagian

Bagian 1 : Kelahiran Yesus 
Yesus Lahir di Betlehem tapi dibesarkan di desa bagian utara Pelestina yang bernama Nazaret, didekat danau Galelea. Sangat sedikit menceritakan masa kanak-kanak Yesus.
Bagian 2 : Yesus Terjun ke Masyarakat
Karya Yesus diawali dengan Dia datang ke Yohanes untuk menerima Babtis. Peristiwa pembabtisan Roh Kudus turun atasNya, sebagai tanda bahwa Ia dipersiapkan untuk melakukan tugasNya, sesudah memulai percobaan berat, ( Lukas 4 : 1-13 ) Yesus memulai mengajar, menyembuhkan, mengusir setan, banyak orang terpesona melihat pekerjaan Yesus ( Mat 7 : 28-29 ) Yesus tidak berbicara tentang dirinya sendiri sebagai Juru selamat secara terbuka, tetapi para pengikutnya yang terdekat tahu siapa Dia. Satu hal yang tidak dimengerti oleh murid-muridnya adalah Yesus mengatakan bahwa dia bukan pemimpin Militer maupun Politik dan juga tetang bagaimnana ia akan mati. ( Mat 16 : 4- 28 )
Bagian 3 : Kematian Yesus 
Yesus ditangkap oleh pemmimpin Agama Yahudi karma tidak senang dengan ajaran dan kepopuleran Yesus. Kejadian itu menjebabkan hatinya para murid hancur dan hilang harapan. Yesus dipaksa menghadap pengadilan yang tidak adil dan diserahkan kepada orangh Roma untuk disalibkan. Gubernur Roma yakin bahwa Yesus tidak bersalah tapi dia mengijinkan juga hukuman itu. Yesus mati dan dikuburkan pada hari Jumat.
Bagian 4 : Bangkit kembali 
Pada Hari Minggu Murid-murid melihat Yesus telah bangkit kembali dan melihat kubur kubur kosong Luka 24 : 1 – 53 ) para murid melihat dia beberapa kali dalam waktu empat puluh hari berikutnya. Mereka berangsur-angsur menyadari bahwa kematian adalah bagian dari rencana Yesus. Sekarang dia sudah membuktikan bahwa kematian bukan sesuatu yang akhir . Mereka harus meyampaikan peristiwa itu kepada seluruh dunia.
Bagian 5 : Kedatangan Roh kudus 
Enam Minggu setelah kebangkitan Yesus Roh kudus turun dan menguasai para rasul. Kis 2 : 1-13. pada hari itu untuk pertama kali mengajarkan tentang kepercayaan mereka kepada Yesus didepan umum. Ada 3000 orang yang menjadi percaya dan mengikut persekutuan yang baru ini. Gereja tumbuh pesat di Yerusalem. Ada beberapa Imam menjadi percaya. Orang-orang percaya saling membagi harta dan uang mereka. Hal ini menjadi para penguasa Agama Yahudi sangat khawatir . Mereka kemudian melakukan penganiayaan terhadap para pengikut ajaran baru ini. Orang-orang Kristen terpaksa melarikan diri ke Yerusalem dan tersebar kemana-mana. Justru oleh kejadian itu Agama Kristen lebih tersebar dan semakin berkembang. Kelompok-kelompok orang kristen bermunculan dimana-mana, bahkan orang yang bukan Yahudi masuk Kristen.

2. Memahami Surat-surat 
Pemimpin Agama Yahudi di Yerusalem mengirim Saulus salah seorang pemuda yang terbaik, untuk mengatasi pergolakan yang disebabkan oleh sekelompok orang Kristen di damsyik. Dengan suatu keajaiban malah menjadi Kristen. Kis 9 : 1 – 32 . Paulus mengadakan 3 perjalanan penginjilan untuk membangun gereja-gereja di negeri yang baru. Walaupun mengalami kapal yang karam, dilempari batu, dianiaya, kelaparan dan dipenjarakan dia berjalan terus dengan tabah sampai terbentuknya jemaat-jemaat Kristen di hampir semua kota-kota utama propensi Romawi. Banyak surat-surat Paulus dari perjanjian baru yang ditulis untuk jemaat yang baru. Ada dua puluh satu surat dalam Perjanjian Baru . beberapa diantaranya ditulis untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan khusus contoh; surat 2 Tesalonika yang ditulis untuk menolong orang-orang Kristen di Tesalonika, untuk memahami arti kedatangan Kristus yang kedua kali. 1 Korintus ditulis untuk menolong orang-orang Kristen di Korintus memahami cara menggunakan karunia Roh.Surat-surat lain ditulis untuk teman-teman pribadi. Surat Filipi misalnya, ditulis pada waktu Paulus dalam penjara. Surat ini berisi ucapan terima kasih kepada orang filipi atas pemberian yang mereka kirim kepada Paulus. Agaknya surat itu dibaca dan didiskusiakan dalam pertemuan-pertemuan jemaat dahulu. Kita yakin surat itu akan mengundang perdebatandan diskusi yang menarik berjam-jam, sementara mereka berusaha mengerti isinya.
3. Memahami Kitab Wahyu.
Gereja semakin hari semakin bertumbuh, berbagai kesulitan dating menghadang, bahkan muncul pula berbagai penganiayaa yang kejam. Kitab Wahyu yangterakhir dalam perjanjian baru. Isinya mengharapkan kedatangan Kristus yang kedua kali . Kitab ini ditulis untuk menguatkan Iman Kristen yang tertindas . dalam waktu tiga abad, Agama Kristen muncul sebagai agama yang sangat berpengaruh diwilayah kerajaan Romawi . Sekarang ini Agama Kristen merupakan Agama terbesar didunia. Ibarat sungai yang deras yang sudah dimulai oleh Yesus terus mengalir dan tidak dapat dihentikan.
Kitab Wahyu dapat dikatakan kitab yang unik . Corak penulisanya dikenal sebagai gaya apokaliptik ( Wahyu ) . Kitab ini ditulis pada saat orang Kristen sedang mengalami penganiayaan karma kepercayaan pada Kristus. Penulis ingin memberikan penghiburan dan kekuatan . Sebagian besar dari kitab ini ditulis dengan bahasa lambang yang hanya dapat dimengerti oleh orang-orang Kristen tetapi sulit dimengerti oleh orang diluar Kristen . Berita utama dalam kitab Wahyu adalah ; Melalui Kristus Allah akan mengalahkan semua musuhnya, termasuk iblis. Melalui kitab wahyu kita dapat menemukan apa yang dikehendaki oleh Allah agar dilakukan oleh orang-orang Kristen pada waktu penganiayaan. Dan bagaimana Allah menggabarkan kekuasaanya. 

Mempelajari Isi Alkitab Jilid 2

BELAJAR
MENJELAJAH ISI ALKITAB 

Oleh Pdt. Muryo Djajadi



KitabPerjanjian lama awalnya ditulis dalam bahasa asli Ibrani, tetapi setelah orang Yahudi diusir dari tanah Palestina hidupnya terpencar, mereka kehilangan bahasa aslinya dan mulai berbicara dalam bahasa Yunani pada waktu itu menjadi bahasa internasional. Terjemahan ini diseleseikan sekitar tahun 250 – 125 SM disebut Septuaginta. Yaitu kata latin yang berarti LXX ( 70 ) karena diterjemahkan oleh 70 orang ahli kitab. Alkitab perjanjian lama terbagi menjadi 3 petak besar yaitu 1. Petak sejarah, 2. Petak Puisi, 3. Nabi-nabi.

1. Pentateukh 
a. Kejadian
Kitab Kejadian ditaruh diawal karna memuat tetntang kisah penciptaan dan hal-ikhwal semula umat manusia . Kitab Kejadian terbagi menjadi 2 bagian besar, bagian pertama Bab 1 – 11 bercerita tentang umat manusia dari awal sampai tampilnya nenek moyang Israel yaitu Abraham Bagian kedua Bab 12 – 50 Bercerita mengenai nenek moyang bangsa Israel Abraham,Ishak,Yakub serta ke dua belas anaknya, sampai mereka pindah dan menetap di Mesir.

b. Keluaran.
Kitab Keluaran dalam bahasa Yunani lebih tepat disebut (Exodus ) sebab kejadian utama yang diceritakan dalam kitab ini jusrtru keluaran ( Pelarian/ Pengungsian ) umat Israel dari negeri Mesir . Kitab keluaran dipahami sebagai tindakan Tuhan, sebab dengan tindakan Allah mendasarkan bangsa Israel sebagai umat pilihan Allah. Pemilihan Pemimpin ( Musa ) Melarikan diri dari Mesir dan mengembara. Dipadang gurun. Dalam perjalanan ada ikatan Perjanjian Allah dengan Manusia. Inti perjanjian itu adalah Allah menjadi Allah orang Israel dan orang Israel menjadi umat pilihan. Buku perjanjian berupa sepuluh hukum ( Decalog )

c. Imamat
Kitab Imamat dalam bahasa Yunani disebut LEVITICUS memuat mengenai para Imam umat Israel tugas dan kewajiban. Kaum Lewi. Kitab Imamat juga dapat disebut kitab Hukum, Bagaimana menyerahkan korban, Pentabisan Imam, memuat tentang pentahbisan Imam, Haram-hahal : Najis - tahir. Bagaimana hidup kudus, waktu yang kudus, berkat dan kutuk.

d. Bilangan 
Ddisebut Bilangan karna memuat tentang angka-angka, jumah dan daftar, semacan buku statistik. Kitab Bilangan adalah kitab yang paling tidak karuan dari semua kitab pentateukh. Macam –macam bahan dicampuradukan tidak beruntun. Kitab Bilangan nampaknya semacam wadah menampung bahan-bahan yang oleh penyusun pentateukh tidak dapat ditempatkan dalam kitab Kejadian, Keluaran. Atau Imamat

e. Ulangan 
Kitab Ulangan tidak melanjutkan kisah yang tercantum dari keempat dari Pentateukh. Sebaliknya kitab ulangan mengulang banyak bahan baik yang berupa cerita maupun berupa hukum, yang termaktub dalam kitab-kitab lain. Namun tidak menyalin dari kitab lain, ada perbedaan menyolok. Oleh karna kitab ini mngulang , kususnya Hukum, maka dinamakan Ulangan.


KITAB SEJARAH
2. Yosua 
Disebut kitab Yosua karna dialah tokoh utama . kitab Yosua melanjutkan kisah pentateukh . Yosua diangkat menjadi pengganti Musa . melalui kepemimpinan Yosua Isrel memasuki dan merebut tanah pelestina. Kitab Yosua dibagi menjadi dua bagian bagian yang pertama Bab 1 – 12 mengenai perebutan Negeri Palestina. Bagian Kedua Bab 14 – 24 mengenai pembagian negeri kepada suku-suku Israel. Ini melaksanakan perintah Musa yang tercantum dalam kitab Ulangan dan Bilangan .
3. Hakim-hakim

Kitab kedua dalam rangkain sejarah. Kata “Hakim” menterjemahkan kata Ibranio “ Sofetim “ ( Tokoh-tokoh pemimpin militer dan sipil ) Hakim-hakim yang tampil dalam kitab ini serupa sedikit dengan kepala suku atau kepala kampung tetapi juga bertindak memutuskan perkara. Jabatan hakim-hakim tidak perlu tetap, dapat juga sementara. Ada hakim-hakim besar dan kecil. Hakim-hakim besar antara laian : Otniel Ehud, Debora, Barak, Gideon, Jefta dan Simson. Yang kecil : Samgar, Tola, Yair, Ebzan, Elon dan Abdon. Perbedaan besar kecil, Yang besar diceritakan lebih terperinci, yang kecil diceritakan lebih singkat.

4. Rut
Kitab yang amat kecil merupakan semacam tambahan dari kitab Hakim-hakim dan berisikan suatu cerita pendek mengenai seorang perempuan asal Moabyang bernama Rut kemudian kawin dengan orang Betlehem bernama Boas, kemudian dari keturunan inilah menjadi nenek moyang Raja Daut sampai pada Yesus Kristua.

5. Samuel
Samuel menceritakan bagaimana suku-suku Isrel menjadi satu kerajaan yang diperintah oleh Raja Daud. Dan Saul kedua tokoh tersebut sangat menonjol disbanding Samuel. Kedua tokoh yang mendominasi cerita dalam Kitab Samuel merupakan gambaran Kontras dari tokoh Samuel Tokoh yang pada awalnya berperan adalah Samuel . Penggambaran kondisi buruk Israel Dalam keadaan burukitulah tampil tokoh Samuel . Dia tokoh peralihan dari zaman Hakim-hakim ke zaman Kerajaan.

6. Raja-raja
Kitab yang terbagi menjadi 2 bagian ini mengisahkan hal ihwal kerajaan Umat Isrel . Bagaimana kerjaan itu terpecah menjadi 2, lalu masing-masing kerajaan binasa dan hancur. Dahulu kitab ini tergabung dengan kitab Samuel , sebab kisah dalam Raja-raja meneruskan cerita kitab Samuel.

7. Tawarikh
Kitab yang menceritakan kembali seluruh sejarah umat Israel dari awal hingga masa pembuangan . hanya sejarah yang sama kadang-kadang diringkaskan, lain kali ditambahkan cerita-ceritayang tuidak terdapat dalam kitab-kitab lain.

8. Esra Nehemia
Kedua kitab ini asalnya hanya satu . melanjutkan kisah tawarikh. Isi cerita bagaimana umat Isarel kembali dari pembuangan di Babil dibangun kembali. Tokoh-tokoh yang paling berperan dalam pembaruan tersebut adalah Esra dan Nehemia. Sekalipun Tawarikh, Esra Nehemia hanya satu karya, namun nada cerita Esra, Nehemia cukup berbeda. Kitab Tawarikh meninjau kembali masa lampau. Kitab Esra, Nhemia mengenai kenyataan . Namun masa depan bagi penulis tidak menentu.

9. Ester 
Kitab ini memuat kisah seorang perempuan Israel yang bernama Ester . Dinegeri Persia Perempuan itu menjadi istri Raja Ahasweroa, lalu berhasil menyelamatkan bangsanya yang mau ditumpas . Orang Israel membalas dengan membunuh semua musuhnya. Dalm Kitas Ester tidak menyebut nama Allah atau Tuhan sama sekali. 


KITAB- KITAB PUISI 
10. Ayub 
Kitab ini merupakan karya sastra yang bermutu. Berupa dialog, membicarakan tentang penderitaan orang yang tidak bersalah . Ada lima teman bicaranya. Tokoh utama bernama Ayub, lalu tiga sahabatnya Elifas, Bildad dan Zofar, kemudian tokoh yang bernama Elihud turun tangan dan akhirnya Allah sendiri yang tampak di panggung Cerita itu.

11. Mazmur
Kitab ini merupakan sebuah kumpulan lagu-lagu keagamaan umat Israel berjumlah 150. kumpulan lagu-lagu itu sedikit serupa dengan kumpulan lagu-lagu gereja seperti Mazmur,Rohani,Kidung Jemaat, Kidung Pasamuan hanya tidak ada notnya. Penghimpunan ini dilakukan bertahun-tahun . Orang sering menyebut mazmur Daud. Bukan berarti pengarang Daud, hanya Daud adalah seorang pesajak dan juga menciptakan lagu- lagu keagamaan , tapi juga ada yang benar-benar ciptaan Daud ada yang lain seperti Bani korah, bani asaf . Disamping lagu-lagu juga ada doa Umat dan sembahyang umat Kristen .

12. Amsal
Bagian besar isi kitab ini merupakan sekumpulan “ Kata Mutiara “ peribahasa, pepatah, petuah pendek, ini berasal dari kalangan para bijaksana di Israel. Tetapi juga ada wejangan dan sajak yang panjang. Mula-mula hikmat kebijaksanaan merupakan “ seni hidup. “ . seni hidup itu dibungkus dalam rasa keagamaan yang mendalam. Bukan membanggakan kesalehan dan ketakwaan. Namun diresapi kepercayaan kepada Tuhan. Tuhan adalah sumber hikmat yang sejati.

13. Pengkhotbah
Pengkotbah adalah terjemahan Yunani Qohelet. Artinya orang yang memegang jabatan untuk mengumpulkan, mengetahui dan mengajar jemaat. Isinya berupa renungan tentang nasib malang manusia didunia, diselingi berbagai pepatah peribahasa. Cocok disebut kitab untuk yang lanjut usia. Yang baik menjadi bahagia, yang jahat tertimpa celaka dan mencoba segala sesuatunya, tetapi akhirnya semuanya mengecewakan. Segala sesuatu adalah sia-sia dan usaha menjaring dan menangkap angin belaka. Mencoba menikmati kehidupan dengan sebaik-baiknya tetapi jangan harap terlalu banyak, nanti menjadi kecewa.

14. Kidung Agung 
Orang non Kristen pernah bilang bahwa kitabnya orang Kristen itu jelek karna ditemukan ada pornografi. Kita mengakui kitab kidung agun cukup erotik juga. Sering kitab itu dipertalikan dengan Salomo raja yang berhitmat yang hebat nafsu birahinya juga, punya istri 1.000. Tetapi bukan itu. Erotik tidak sama dengan pornografi. Pornografi adalah seks tanpa cinta, sedangkan kidung agung meluhurkan cintaantar jenis kelamin. Dengan bahasa cinta kidung agung memuji kecantikan seorang wanita dan ketampanan laki-laki. Lagu –lagu yang terkumpul berasal dari pesta perkawinan, sampai sekarang masih dinyanyikan dalam pesta.
Tradisi Kristen menghubungkan mengetrapkan Kidung Agung pada hubungan Allah dengan manusia . Kristus dengan GerejaNya.


KITAB NABI - NABI BESAR
         Kitab para nabi memiliki corak yang khusus dan agak sukar dipahami. Namun justru kitab para nabi dianggap sangat penting. Menurut kisah injil Yesus sendiri gemar akan kitab nabi-nabi. Kata nabi sebuah kata Arab artinya orang percaya yang secara khusu dipanggil Tuhan untuk menyampaikan firmanNya. Kata nabi dapat dibuat menjadi kata kerja artinya bernubuat atau menubuatkan . Seorang nabi mempunyai hubungan khusus dengan sang Ilahi. Nabi kerap dianggap mendapat wahyu artinya mereka diberitahu tentang hal-hal yang tidak diketahui orang lain. Banyak nabi-nabi , Hanya nabi-nabi Israel yang mempunyai hubungan khusus dengan Allah , tidak semua nabi sama, namun ada kesamaan dasariah yaitu mempunyai hubungan khusus dengan Allah. Sejak zaman hakim-hakim nampak gejala aneh tampilah kelompok “orang rohani “ seolah-olah keraksukan Ilahi. Lalu ada gejala Ekstase ( 1 Samuel 10 : 10 , 19 : 20-24 ) mereka berperan sebagai pembela agama yang murni yang bersih dari campuran agama kafir. Kemudian pada saat yang sama tampilah nabi-nabi palsu. Nabi-nabi Baal
Seorang nabi diberi tugas khusus untuk menghibur dan menguatkan umat, memberi petunjuk jalan bagaimana percaya. Yang dapat dihayati dan diamalkan.

15. Yesaya
Kitab Nabi Yesaya dibagi menjadi tiga bagian bagian pertama bab 1– 39 Pesanya berisi pengalaman pribadi atas panggilan dari Tuhan atas diri Yesaya ia merasa betapa sangat Kudus Allah Israel. Secara mendalam menyadari betapa beda Allah denan ciptaan termasuk manusia. Kedalaman itulah menumbuhkan akan kesadaran kedosaan , kefanaan dan kerapuhan manusia . ALLAH yang kudus itu tetap menyertai manusia yang berdosa.
Bagian kedua Bab 40 -55 peasanya.: Tuhan yang kudus tidak hanya menyertai tetapi jua membebaskan umatnya dari pembuangan. Umat Allah yang berdosa tentu mendapat hukuman tetapi mereka boleh berharap mereka pasti ditolong dan dibebaskan mereka harus mengandalkan Tuhan . pesan tersebut dikemas dalam pokok pikiran yang baru dalam nyanyian –nyanyian hamba Tuhan . Hamba Tuhan yang mewartakan keselamatan itu menderita bahkan mati terbunuh . Tetapi oleh Tuhan dimuliakan dan dipulihkan. Penderitaan itu sebagai ganti orang berdosa. Itulah makna dan arti penderitaan orang benar. Nyanyian-nyanyian itu dipahami sebagai nubuat penyelamatan Allah. Rencana itu terpenuhi dalam Yesus Kristus serta umatNya.
Bagian ke tiga Bab 56 – 66 Pesannya : Bukan manusia yang menentukan kapan dan bagaimana rencana penyelamatan Allah dilaksanakan. Rencana Penyelamatan Allah belum selesei dan keselamatan Allah direncanakan lain dari yang dipikirkan manusia. Pengharapan itulah merupakan daya mengerakan umat Allah dalam kepercayaan berpegang teguh pada Allah.

16. Yeremia
Yeremia tampil dalam panggung sejarah seratus tahun setelah Yesaya. Ia berkarya selama 40 tahun Situasi politik menggejolak dimasa itu sangat membutuhkan firman Tuhan . Kemrosotan Agama dan aklak sangat mengejala yang dimajukan oleh raja Manasye dan Amon. Pesanya : Nubuat-nubuat yang berupa ancaman dan janji, nabi Yeremia menyampaikan pesan dasariah yang keluar dari kelembutan hati. Pengalaman pahit mematangkan paham nabi tentang Allah dan umatnya. Memuja dewa di istilahkan Perzinahan Rohani. Mengkritik pemujaan bait Allah serta Ibadahnya. Ibadah bukan hanya secara formal tetapi agama yang sejati menyangkut seuruh manusia yang keluar dari hati. Pengalaman pahit ia menjadi putus asa dan tidak melihat kemungkinan manusia mendapat keselamatan.( Yer 14 : 10 ) Berdosa seolah-olah telah mendarah daging pada umat Allah. Maka perlulah turun tangan Allah. Yeremia yakin Allah pasti turun tangan dan bertindak. Keyakinan seperti itu merumuskan Agama sejati yang mempunyai ciri batiniah dan pribadi yang menyolok . Kemesraan pribadi dan menjadi dasar penghayatan sejati . Agama sejati adalah karunia Tuhan yang membuat manusia mengenal Tuhan secara pribadi dan mesra bergaul dengan Dia, mencintai dan mentaati kehendakNya.

17. Yeheskiel 
Nabi Yehezkiel adalah seorang Nabi sezaman dengan Yeremia tetapi berkarya lain tempat. Ia berkarya ditengah-tengah kaun buangan Babil .Yehezkiel sering disebut nabi aneh. Keanehanya ialah . beberapa lama ia menjadi bisu dan barangkali lumpuh ia disembuhkan ( 24 : 27 ; 33: 22 ) apakah ia sungguh-sungguh bisu atau lumpuh? itu adalah sebuah lambang bahwa nabi terhalang menyampaikan Firman Tuhan oleh karna kedegilan hati pendengar.
Pesanya : Menonjolkan dosa dasariah. Allah mengasihi, merawat umat menjadi iastriNya.. Tapi umat melacurkan diri terutama pemujaan terhadap berhala ( bab 16 ) . Kerdosaan Israel terutama pemujaan pada berhala pelanggaran hukum taurat, khususnya yang menyangkut halal dan haram , Najis dan tahir,
Dia sangat menaruh perhatian pada ibadat dan upacara. kurang memberi perhatian terhadap masalah-masalah moral . kedosaan manusia sangat bertetangan dengan Kekudusan Allah , kekudusan Allah tidak terkurung dan terikat oleh waktu dan tempat. Allah tidak hanya hadir dalam Bait Allah saja tapi juga hadir dalam pembuangan. Allah menghukum umat yang berdosa dan murtad tapi tidak meninggalkanya. Hukuman Tuhan diberikan supaya bertobat. Bertobat kemudian ditebus dan diselamatkan. Tuhan bertindak demi kekudusanNya sendiri.
Dalam rangka kekudusan itulah Tuhan memberikan hati yang baru dan Roh yang baru. ( 36 : 25 - 27 ; 11 : 19 ) . Kesadaran akan kekudusan Allah menyadarkan diri akan pengharapan akan keselamatan dimasa mendatang.. Jelas terungkap dalam gambaran tulang-tulang yang kering ( 37 : 1 dst . hal tersebut menggambarkan keadaan umat dalam pembuangan . tidak ada harapan lagi tetapi Roh Tuhan mampu menghidupkan memulihkan umatnya dimasa-masa mendatang. Bagi manusia tidak mungkin tapi bagi Allah mungkin.

18. Ratapan 
Ratapan sebuah nyanyian untuk mengisi dan meratapi kematian . lagu-lagu itu biasanya menggunakan irama dan langgam yang menyayat hati. Yang ditangisi ialah pusat umat Allah kota Yerusalem yang dimusnahkan Tentara Babel pada tahu 597 sm dan tahun 586 Sm kota dibakat penduduk kota diungsikan ke Pembuangan , Peristiwa itulah mencetuskan lagu ratapan. Kita berpendapat Yeremia yang mengarang. Dalam Ratapan itu umat menyatakan perasaan hatinya. Ia sangat sedih karena nasib malang yang menimpa. Namun demikian umat tidak jatuh putus asa dan tidak memberontak terhadap nasibnya. Ia meninjau kembali nasibnya lalu terpaksa mengakui bahwa semuanya didatangkan dari Tuhan sebagai hukuman atas dosa dan ketidak setiaan umat. Ia menyesal minta ampun sementara ia dengan sabar menjalani hukuman. Mereka yakin pada saatnya Tuhan akan menolong dan memulihkan keadaan umatnya.

19. Daniel 
Bagian pertam bab 1 – 6 menceritakan seorang Tokoh Daniel dan 3 orang temanya . apa yang diceritakan terjadi dalam pembuangan di Babel di Zaman Raja Nebukadnezar . Daniel seorang berhikmat, berilmu ala Babel . Ia bertindak ahli tafsir mimpi dan peramal. Cerita ini merangsang daya kayal rakyat.
Bagian ke dua Bab 7 – 12 Bagian ini mengumpulkan sejumlah penglihatan. Penglihatan tersebut sulit dipahami sebab penuh dengan kiasan . Penglihatan itu berupa ramalan tentang masa depan termasuk akhir zaman. Gaya penulis memerinci mengenai akhir zaman . Penulis sebenarnya menyembunyikan diri. Seolah-olah wahyu itu diberikan kepada seorang tokoh terkenal zaman dulu tetapi disuruh menyembunyikan sampai saat ramalan digenapi. ( Dan 7 : 28, 8 : 26, 12: 4,9 ) Penglihatan secara sembunyi-sembunyi disebarluaskan dikalangan terbatas. Semacam lembaran gelap, oleh karma menentang pemerintah.
Kitab Daniel merupakan hiburan bagi yang teraniaya. Kepercayaan sejati terancam oleh kebudayaan Yunani ( Heelinisme ) tetapi juga ditindas dengan penganiayaan oleh pihak pemerintah. Penulis mau menghibur dan meneguhkan kepercayaan kepada Tuhan .
Pesanya: Pesan ini masih berlaku bagi umat Allah yan masih menempuh perjalanan sejarah , khususnya kepada umat yang teraniaya. Dalam keadaan itu Kitab Daniel dapat membinan keyakinan bahwa akhirnya yang menang adalah Allah dan umatNya. Sebab Allah yang berkuasa, Alah yang mengubah saat dan waktu Dia memecat dan mengangkat Raja ( 2 : 21 ) 


KITAB NABI- NABI KECIL
20. Hosea 
Kasih Setia yang jaya itulah yang tepat diberikan judul pada kitab Hosea. Ia menggambarkan kasih Allah , melalui pengalaman pribadi , seperti seorang suami mempunyai istri yang tidak setia dan berzinah, kemudian ditalak tapi masih mencintainya. Kemudian mengambilnya kembali . Menggambarkan keadaan Manusia yang dikasihi Allah, manusia sering berzianh dengan Allah lain Kemudian Allah memberikan Hukuman tapi Allah tetap mengasihi akhirnya Allah mengambil kembali. Hosea yakin Allah mengasihi Isrel sebagai seorang ayah kepada anak. Atas dasar kasih setia itulah nabi yakin bahwa Umat dimasa akan dating akan bertobat dan dipuihkan sehingga uimat benar-benar mengenal Tuhan .

21. Yoel 
Bertobatlah, maka kalian akan menerima karunia yaitu Rohkudus. Ia mengartikan bencana alam sebagai hukuman Tuhan dan mengajak manusia utnuk bertobat. ( Kelaparan paceklik ). Ia juga melihat bencana terjadi melambangkan dan mengawali hari Tuhan . menggambarkan hari Tuhan merupakan hukuman yang dahsyat. Tetapi bagi umat Allah hari Tuhan merupakan saat keselamatan yang membuka masa kesejahteraan dan kemakmuran masa kebahagiaan dan kekudusan. Roh Ilahi dilimpahkan atas segenap sisa umat Allah yang percaya.

22. Amos
Nabi Amos adalah seorang petani dan peternak. Dia adalah seorang nabi yang melawan ketidak adilan . Pandanganya. Memperkosa hak sesame manusia berarti memperkosa perjanjian dengan Tuhan. Sebab Tuhan mengadakan perjanjian bukan dengan kalangan atas yang berkuasa, tetapi dengan seluruh umat. Hari Tuhan bagi umat menjadi hari “kegelapan” artinya tidak ada orang yang meluputkan diri dari penghukuman Tuhan , tetapi ia percaya pasti ada sisa ( 3 : 12 ; 5 : 15 ; 9 : 8 ) Karna pengharapan itulah Amos mengajak umatnya kemvbali ke jalan lurus. 5 : 6 ; 5 : 14-15 Mencari Tuhan tidak hanya beribadat kepadaNya tetapi lebih mencintai yang baik menegakan keadilan. Sekalipun demikian dia bukan seorqang yang revolusioner yang merombak Struktur dan tatanan . Hanya masyarakat perlu menghayati sesuai dengan perjanjian Tuhan .

23. Obaja
Pesan : Tuhan yang akan empunya kerajaan ia yakin Tuhan akan menguasai segala bangsa dan membimbing sejarahnya. Tuhan akan menyatakan kemuliaanya sebagai Raja atas segala Raja.

24. Yunus
Kitab Yunus mengajar, menegur dan memperbaiki umat Isrel yang picik hati. Yunus yang tidak memehami belas kasihan Tuhan, menyayangi, dan mengampuni kota Niniwe, melambangkan sebagai umat Israel . yang benar dikasihi yang kafir dikutuk. Kitab ini menentang kepicikan dan kefanatikan orang beragama yang selalu cenderung menganggap dirinya sendiri sebagai sasaran kasih karunia Tuhan , yang sebenarnya merangkul semua umat apapun agamnya. Israel sendiri ingin menentukan bagaimana seharusnya Tuhan bertindak dan berlaku.
25. Mikha
Berlaku adil dan mencintai kesetiaan, itulah pokok berita Mikha. Agama yang sejati selain berlaku adil , mencintai kesetiaan, hidup dengan rendah hati dihadapan Allah. 6 : 8. Nabi juga melihat masa depan yang bahagia dengan seorang Raja keturunan Daud yang menjadi Damai sejahtera. 5 : 1- 4

26. Nahum, 
Penindas Kejam jatuh Binasa. Kehancuran Asyur itulah yang menjadi inti nubuat nabi Nahum. . Ia menyuarakan kegembiraan bangsa-bangsa lain yang tertindas dan dirampok kerajaan Asyur. Ketika musuh kejam berarti mendekati kehancuran.

27. Habakuk
Aku menantikan apa yang di Firmakan Tuhan . Habakuk adalah seorang pemenung hasil pemenunganya disusun sebagai suatu upacara ibadat. Dia merenungkan bagaimana umat Allah ditindas dan disiksa oleh orang-orang fasik seperti orang-orang Babel? Nabi meletakan masalah ini kehadapan Tuhan sendiri. Dengan sabar menanti jawaban Tuhan. Llu Tuhan memberi wahyu Babel pun pada giliranya akan mendapat hukuman.

28. Zefanya
Kerendahan hati yang menyelamatatkan. Adapun orang yang rendah hati adalah orang miskin hina dina. Mereka merasa tidak berday tertindas tetapi sepenuhnya taat kepada kehendak Tuhan, sambil mengandalkan kekuasaanNya dan kebaikan Allah. Sikap hati orang miskin itu menjadi sikap keagamaan yang sejati

29. Hagai 
Bait Allah menjamin keselamatan kelak. Ia mendesak supaya Bait Allah supaya dibangun kembali. Masa kemakmuran dan kebahagiaan akan segera tiba setelah bait Allah didirikan. Maka orang Yahudi perlu mengutamakan pembangunan Bait Allah dari pada kepentingan diri sendiri. Inti kebahagiaan dan kemakmuran adalah bila Roh Tuhan tingal dalam umat sebagai daya / ekuatan ( 2 : 6 ) itu sebabnya Bait Allah yang baru lebih semarak disbanding dengan yang dibagun Salomo.

30. Zakharia
Pengharapan akan masa depan. Senada dengan nabi Hagai mendesak supaya bait Allah yang baru supaya segera didirikan. Ini merupakan prasyarat keselamatan yang diharapkan , tetapi nabi Zakaria lebih menekankan kesusilaan , keadilan dan pertobatan

31. Maleakhi
Korban yang sempurna didunia semesta . Keadaan msyarakat yang kurang beres . semangat yang dikobarkan oleh nabi Hagai, Zakaria sudah padam. Bait Allah yang baru telah selesei tetapi para Iman lalai melaksanakan tugasanya dan menyelenggarakan ibadat sebagaiman mestinya. Rakyat pun lalai memberikan persembahanya bagi ibadat, ada juga rasa acuh tak acuh dan kebimbangan terhadap penyelenggaraan Ilahi. Orang yahudi tidak segan memperistri orang kafir dan mencereikan istrinya sendiri.